Pembangunan 19 Waduk di Jakarta Terkendala Pembebasan Lahan

Reni Lestari, Okezone · Senin 23 Mei 2016 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 23 338 1395392 pembangunan-19-waduk-di-jakarta-terkendala-pembebasan-lahan-aI1sLff5Tl.jpg Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Pemerintah (Pemprov) Provinsi DKI Jakarta mewacanakan pembangunan 19 waduk untuk serapan air selesai tahun ini. Pembangunan belasan waduk ini sudah dimulai sejak kepemimpinan Gubernur Joko Widodo. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, pihaknya masih terkendala masalah pembebasan lahan.

"Kareba mangkrak ada masalah lahan saja," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (23/5/2016).

Ahok mengakui bahwa masalah terbesar dalam pembangunan infrastruktur adalah pembebasan lahan. Namun, ia menegaskan, pengerjaan waduk sudah dimulai di lahan yang telah dibebaskan.

"Jadi prinsip ini persis kamu ujian sekolah aja. Kerjakan yang mudah, yang sudah bebas dikerjain, kalau masih mangkrak, minimal sudah ada beberapa ya enggak dikerjain. Masalah lahan yang selalu masalah," ungkap dia.

Pengadaan waduk juga diakui Ahok karena pengadaan tanahnya harus diatas lima hektare. Pengadaan tanah seluas ini tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi melibatkan banyak pihak agar terlaksana.

"Kareba kalau bicara waduk sudah diatas lima hektare. Diatas lima hektare sudah melibatkan semua pihak, sudah berlaku pengadaan tanah," tukas dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini