nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Operasi Yustisi di Tangsel, 112 Warga Disanksi Administratif

Hambali, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2016 06:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 07 29 338 1449680 operasi-yustisi-di-tangsel-112-warga-disanksi-administratif-OdJ4aC61p8.jpg Ilustrasi

TANGERANG SELATAN - Operasi yustisi digelar Dinas Pendudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan di Jalan Techno Park Setu, Serpong.

Operasi yang dilakukan dilakukan gabungan bersama Satpol PP, Dishub, Polri, TNI, BNN Tangsel, Imigrasi serta Pengadilan Negeri, yakni menjaring 2.500 pengguna jalan, dan 112 warga diantaranya dikenakan sanksi sdministratif.

Sejumlah warga atau pengguna jalan yang melintas dihentikan dan diperiksa identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) nya, langkah itu bertujuan untuk mengecek perbandingan pengguna KTP Elektronik dan Manual di Kota Tangsel.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Toto Sudarto menjelaskan, operasi yustisi saat ini selain bertujuan untuk mendata pemilik KTP Elektronik, sekaligus sebagai upaya mengingatkan masyarakat agar selalu membawa identitas diri yang berlaku.

"Hasilnya kita jadikan sample untuk melihat seberapa banyak yang masih menggunakan KTP lama (Manual)," kata Toto kepada Okezone, Kamis (28/7/2016).

Mereka yang kedapatan tak membawa KTP atau masa berlakunya sudah habis langsung menjalani sidang di tempat.

"Ada 112 orang yang terkena Tindak Pidana Ringan (Tipiring). Mereka diberikan sangsi denda hingga kisaran Rp25 ribu per orang," ujar Irvan, selaku petugas Pengadilan Negeri di lokasi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini