nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penggugat Pulau G Kerap Mengalami Intimidasi

Regina Fiardini, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016 17:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 04 338 1455188 penggugat-pulau-g-kerap-mengalami-intimidasi-i3KZcQsyQV.jpg Reklamasi Teluk Jakarta (foto: Okezone)

JAKARTA - Saat berusaha memenangkan sidang gugatan proyek reklamasi Pulau G, dua penggugat yang merupakan warga Muara Angke, Jakarta Utara, ternyata kerap mengalami Intimidasi.

Insiden itu pun langsung dialami Muhammad Taher dan Kuat Wibisono di waktu yang bersamaan usai Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta mengabulkan gugatan para nelayan terhadap izin reklamasi tersebut.

"Kita melihat ada sesuatu yang janggal, karena penggugat Pulau G, Taher, dipepet orang di Cilincing. Dia pakai motor bebek, yang pepet Ninja. Terus orang itu turun, dia mau ditusuk. Tapi untungnya enggak kena, karena ada warga, jadinya enggak jadi. Jaketnya sobek," kata pengacara dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Nelson Nikodemus Simamora, di lokasi, Kamis (4/8/2016).

Sementara Kuat Wibisono harus menelan kerugian lantaranya rumahnya di Rusun Buda Suci dimalingi. Usai memenangkan putusan pukul 15.00 WIB, ia pulang, namun ternyata rumahnya sudah kosong.

Nelson enggan menyebut apakah itu merupakan bentuk intimidasi atau bukan. Namun jika diperhatikan, selalu saja ada orang-orang tak dikenal saat mengikuti jalannya persidangan.

"Kita enggak tahu dia siapa. Kalau datang ke ruang sidang banyak yang datang, orang-orang tidak dikenal. Kalau selesai sidang atau istirahat, dia ikut keluar juga tuh. Kami tidak melihat itu intimidasi, tapi ada sesuatu yang janggal dan momennya pas," ungkap dia.

Sebagai informasi, saat ditanya tanggapannya mengenai pergantian menteri dari Rizal Ramli ke Luhut Binsar Pandjaitan, Nelson mengendus bahwa mantan jenderal bintang empat itu tampaknya ingin melanjutkan proyek reklamasi.

"Kelihatannya begitu (ingin melanjutkan reklamasi) karena baru sehari diganti dia bilang: 'Investor jangan sampai dirugikan.' Baru sehari, jadi kelihatan kan," tukasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini