nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Modus Kejahatan 31 WNA yang Ditangkap di Jakbar

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2016 14:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 05 338 1455953 ini-modus-kejahatan-31-wna-yang-ditangkap-di-jakbar-lrb87Nsytg.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono (tengah) saat memberi keterangan pers (Arif/Okezone)

JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengatakan, bahwa 31 warga negara asing (WNA) ditangkap ‎di Kompleks Green Garden Blok M3, Kedoya, Jakarta Barat, karena melakukan penipuan dan kejahatan dunia maya (cyber crime).

Penipuan itu, lanjut Awi, dilakukan kepada para warga negaranya masing-masing yakni China dan Taiwan. Dalam beraksi, mereka mengaku sebagai aggota kepolisian dan kejaksaan terkait dengan kasus-kasus pencucian uang.

“Para korbannya diduga melakukan money loundering (pencucian uang) dan ditipu lah pada intinya, namun penipuan ya kemudian juga termasuk juga masalah terkait dengan utang pihutang nasabah bank kartu kredit yang belum dibayar‎," kata Awi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (5/8/2016).

Kemudian para pelaku memeras korbannya dengan mengaku se‎bagai polisi dan petugas kejaksaan. "Untuk korbannya yaitu warga China dan warga Taiwan," tambahnya.

(Baca juga: Gerebek Rumah Mewah di Jakbar, 31 Warga Asing Ditangkap)

Awi menambahkan, selain melakukan kejahatan internasional cyber crime, para pelaku juga melakukan pelanggaran keimigrasian ‎sehingga Polda Metro Jaya telah menyerahkan 31 WNA tersebut kepihak keimigrasian untuk selanjutnya dilakukan deportasi.

"Interpol dari Taiwan dan China sudah menunggu mereka juga," tandas Awi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini