nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Metro Kerjasama dengan Imigrasi untuk "Sentil" WNA Nakal

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2016 15:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 05 338 1456007 polda-metro-kerjasama-dengan-imigrasi-untuk-sentil-wna-nakal-dgrfijYrEn.jpg Foto: Illustrasi Okezone

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto‎ membantah lemahnya pengawasan terhadap warga negara asing (WNA) menjadi penyebab banyaknya kejahatan yang dilakukan oleh mereka.

Diketahui, sebanyak 31 WNA asal Taiwan dan China ditangkap di berbagai lokasi di Jakarta setelah melakukan cyber crime dengan melakukan penipuan dan pemerasan terhadap sesama warga asal negara mereka sendiri.

"‎Ya enggak lah (lemahnya pengawasan). Bicara lemah itu tidak ada, karena orang datang dia tertarik, malahan seharusnya kita senang karena yang datang akan memberikan visa yang besar. Dan, melakukan kejahatan itu lain lagi karena pasti ada dampak," kata ‎Moechgiyarto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

 (Baca: 31 WNA Lakukan Cyber Crime, Kapolda: Faktor Budaya Juga Berpengaruh)

Ia menambahkan, seharusnya dampak dari banyaknya WNA yang datang ke Indonesia dapat dikelola dengan baik. Sehingga, meminimalisasi terjadinya kejahatan yang dilakukan oleh para WNA.

"Ada regulasinya dari pemerintah. Tapi, itu bukan kerjaan saya yang buat seperti itu," jelasnya.

‎Ia menjelaskan, pemerintah secara otomatis akan melakukan program pencegahan. Sementara polisi akan melakukan penegakan hukum apabila para WNA melakukan kejahatan di Indonesia.

"Ya otomatis program pencegahan dan penegakan hukum kita lakukan. Dan polisi dari dulu kerjasama dengan pihak Imigrasi, Interpol, dan melakukan pemberitahuan kepada kedubes yang bersangkutan karena mereka melakukan pelanggaran di Indonesia. Kita lakukan semua itu," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini