nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diduga Keracunan Limbah Pabrik, Ribuan Ikan Mati Mendadak

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2016 21:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 29 338 1476151 diduga-keracunan-limbah-pabrik-ribuan-ikan-mati-mendadak-lgy75bGj8D.jpg Ribuan Ikan Mati Mendadak di Setu Wanaherang (Foto: Putra/Okezone)

BOGOR - Diduga keracunan limbah pabrik, ribuan ikan mati mendadak di Situ Wanaherang, tepatnya di Kampung Jampang, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Matinya ribuan ikan dari berbagai jenis seperti ikan Mas, Mujaer, dan Nila tersebut membuat warga sekitar berbondong-bondong datang untuk mengambil ikan yang mengambang di permukaan situ.

Menurut salah seorang warga sekitar, Rizky (19) ribuan ikan ditemukan mati mendadak sejak pagi tadi setelah sebelumnya kawasan tersebut diguyur hujan lebat Minggu 28 Agustus 2016 malam kemarin.

"Setahu saya ikannya mati dari pagi tadi, ikan-ikan ngambang di permukaan. Terus, warga yang lihat langsung datang ngambil ikan buat dimasak ada juga yang buat dijual," kata Rizky, Senin (29/8/2016).

Ikan-ikan tersebut mati mendadak diduga adanya aliran limbah dari pabrik sekitar yang bermuara ke Situ Wanaherang. "Kemungkinan dari limbah pabrik, soalnya airnya berminyak gitu," ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Gunung Putri, Ipda Imam Djunaedi menuturnya pihaknya akan berkoordinasi dengan perangkat daerah setempat untuk menelusuri penyebab pasti kematian ribuan ikan di Situ Wanaherang.

Ia pun meminta kepada masyarakat agar tidak mengambil dan mengkonsumsi ikan-ikan tersebut karena dikahawatirkan dapat mengganggu kesehatan.

"Bisa jadi memang ada limbah B3 yang masuk ke danau melalui sungai, dan bisa juga karena pembuangan limbah industri, atau memang faktor alam karena kemarin hujan besar jadi ikannya mabuk," tegasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini