nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Ikan Mati Mendadak, Polisi Teliti Sampel Air

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2016 14:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 30 338 1476662 ribuan-ikan-mati-mendadak-polisi-teliti-sampel-air-DcWc4ktsDA.jpg Ilustrasi

BOGOR - Kepolisian Sektor Gunung Putri akan menguji sampel air terkait matinya ribuan ikan secara mendadak di Situ Wanaherang, tepatnya di Kampung Jampang, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kanit Reskrim Polsek Gunung Putri, IPDA Imam Djunaedi mengatakan sampel air tersebut akan di uji ke laboratorium Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bogor untuk mengetahui kandungan air di Situ Wanaherang.

"Airnya sudah dibawa untuk diuji lab. Kalau sudah ada hasilnya dan bukan karena bahan berbahaya, kita sampaikan kepada masyarakat yang terlanjur mengambil dan mengkonsumsi ikan," katanya, Selasa (30/8/2016).

(Baca Juga: Diduga Keracunan Limbah Pabrik, Ribuan Ikan Mati Mendadak)

Namun, jika nantinya ditemukan bahan berbahaya yang terkandung di dalam air yang membuat matinya ribuan ikan, pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Tapi kalau ternyata ada bahan B3 atau limbah beracun maka akan kita lakukan penyidikan untuk mengetahui sumber bahan bernahaya atau limbah tersebut. Kita masih tunggu hasil labnya nanti," jelasnya.

Sementara itu, Camat Gunung Putri Budi Lukman Nulhakim, belum dapat memberikan banyak keterangan terkait dugaan adanya pencemaran limbah pabrik yang terjadi di Situ Wanaherang.

"Sekarang kan sampel airnya masih diuji di laboratorium sama BLH. Jadi mohon menunggu hasilnya nanti apakah memang ada pencemaran limbah atau bukan," ujar Budi.

Sebelumnya, ribuan ikan berbagai jenis yang berada di Situ Wanaherang ditemukan warga sekitar mati mendadak yang diduga tercemar limbah pabrik, Senin 29 Agustus 2016 kemarin.

Ikan-ikan tersebut ditemukan warga mengambang di permukaan air. Tak ayal, kejadian tersebut membuat warga berbondong-bondong datang ke lokasi dan mengambil ikan untuk dikonsumsi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini