Share

Jual Obat Kedaluwarsa, Pemilik Toko di Pasar Pramuka Jadi Tersangka

Regina Fiardini, Okezone · Jum'at 09 September 2016 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 09 338 1485535 jual-obat-kedaluwarsa-pemilik-toko-di-pasar-pramuka-jadi-tersangka-avf1dfmRd4.jpg Petugas saat mengecek obat di salah satu toko obat di Pasar Pramuka. Foto Antara

JAKARTA – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya sudah menetapkan satu orang lagi sebagai tersangka lantaran telah menjual obat kedaluwarsa di toko obat miliknya.

"Toko Aros Farma dengan pemilik berinisial HK sudah dijadikan tersangka," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Fadil Imran kepada wartawan, Jumat (9/9/2016).

Kini, toko yang berada di Pasar Pramuka ini sudah ditutup aparat kepolisian. Sebab dianggap tidak memiliki keahlian dalam mengedarkan obat.

Soal dua toko obat lain yang kembali mengulangi kasus serupa yakni Apotek Jojon Banten dan Apotek Sinar Harapan sudah dilimpahkan kasusnya kepada Balai Besar POM dan diberikan sanksi administrasi.

"Kedua toko ini meskipun dapat menunjukan perizinan Apotek Rakyat namun dalam penyimpanan obat tak sesuai sehingga melanggar Pasal 98 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Permenkes 35 tahun 2014 tentang standar pelayanan kefarmasian dengan sanksi administratif," tutur Fadil.

Adapun dua toko lainnya yakni Apotek Cahaya Medika di Pasar Kramat Jati dan Apotek Fauzi Farma di Pasar Pramuka masih didalami oleh penyidik subdit indag. Status para pemilik toko pun hingga kini masih sebagai saksi.

Sebagai informasi, pemilik lima toko itu terjaring dalam razia menjual obat-obatan dan kedaluwarsa dalam operasi yang dilakukan pihaknya kemarin. Mereka ada yang kedapatan menjual obat kedaluwarsa dengan mengganti tanggal, menyetok obat kedaluwarsa dan menjual obat tanpa memuat informasi obat.

"Kita akan terus menyisir toko obat di Jakarta, mungkin ke wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan yang sentra-sentra apotek rakyat di situ akan kita lakukan. Tapi sementara kita memilih Pramuka dan Kramatjati, karena kita melihat di situ yang cukup besar," tutup dia.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini