nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Metro Gerebek Gudang Lobster Ilegal Beromzet Rp12 Miliar

Selly Loamena, Jurnalis · Kamis 15 September 2016 18:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 15 338 1490271 polda-metro-gerebek-gudang-lobster-ilegal-beromzet-rp12-miliar-HD0vZFMA6p.jpg Penggerebekan Gudang Lobster di Tangerang (Foto: Selly/Okezone)

TANGERANG - Jajaran Direktorat Resesrse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menggerebek sebuah gudang ternak udang lobster ilegal di kawasan Pergudangan Parung Harapan Indah, Blok B1.2B/2, Kabupaten Tangerang, Kamis (15/9/2016).

Dari penggerebekan ini petugas kepolisian berhasil menyita lebih dari 700 ekor udang lobster siap jual.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombespol Fadil Imran mengatakan pihak kepolisian sudah mengamankan Wu Chen Ming alias Jimmy Wu selaku komisaris PT Jaya Maritim Indonesia dan juga pemilik gudang serta Ruswini selaku Direktur.

“Menurut pengakuannya mereka sudah lebih dari satu tahun mengekspor udang lobster ke sejumlah negara. Dan bisa dipastikan kerugian negara bisa mencapai miliaran sekali mereka melakukan ekspor,” ujar Fadil.

Dalam penggerebekan tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 kolam yang berisikan udang lobster dalam keadaan hidup berbagai jenis dengan ukuran dibawah 200 gram sebanyak 450 ekor. Bibit udang lobster dalam keadaan mati berjumlah 600 ekor.

Legalitas PT Jaya Maritim Indonesia, bukti packing list pengiriman bibit udang lobster ke luar negeri, serta koper yang digunakan untuk mengirim bibit lobster.

“Berdasarkan data rekapan bulanan, perusahaan tersebut sudah 27 kali melakukan pegiriman bibit lobster ke luar negeri. Nominal penjualannya senilai Rp12 Miliar lebih dan semua pengiriman bibit lobster dikirim ke negara Vietnam secara ilegal,” pungkas Fadil.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini