nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sulitnya Mencari Toilet di Arena Car Free Day Jakarta

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 16 Oktober 2016 11:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 16 338 1516065 sulitnya-mencari-toilet-di-arena-car-free-day-jakarta-t7IeAAj9l2.jpg Suasana di arena car free day di sekitar Bundaran HI Jakarta Pusat (Taufik/Okezone)

JAKARTA – Warga mengeluhkan minimnya toilet umum di arena car free day (CFD) yakni kawasan Jalan MH Thamrin hingga Sudirman, Jakarta Pusat. Mereka meminta Pemprov DKI Jakarta menyediakan toilet alternatif di arena CFD yang diberlakukan tiap Minggu pagi.

Keluhan itu di antaranya disampaikan Fani (25) dan Yudi (35). Dua warga Ibu Kota yang sedang berolahraga di CFD harus menunggu satu jam untuk bisa ke toilet umum di Pos Polisi (Pospol) Bundarah Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat. Ini merupakan satu-satunya toilet umum di CFD.

Setiap Minggu pagi, arena CFD memang dikerumuni warga baik untuk olahraga atau sekadar bersantai ria. Di lokasi juga banyak pedagang asongan yang menawar aneka makanan dan minuman, sangat membantu mereka yang sedang menikmati CFD. Masalahnya adalah ketika tubuh berurusan dengan toilet.

Fani mengaku sangat sulit mencari toilet umum di lokasi CFD. Satu-satunya toilet umum adalah di Pospol Bundaran HI. Karena cuma satu, bisa dibayangkan untuk bisa masuk harus mengantre dulu berjam-jam, menunggu orang lain selesai buang air atau sekadar cuci muka.

"Saya dari tadi mengantre satu jam di toilet umum Pospol Bundaran HI sampai kaki saya pegal," kata Fani kepada Okezone di Bundarah HI, Minggu (16/10/2016).

 

Antrean warga di toilet Pospol Bundaran HI (Taufik/Okezone)

Serupa Fani, Yudi (35) juga mengeluhkan hal yang sama. Ia meminta pemerintah harus memperhatikan sarana kebutuhan warga yang menikmati CFD dengan menyediakan toilet umum yang mudah diakses warga.

"Seharusnya Pemprov DKI menyediakan toilet umum di beberapa titik di CFD biar warga tidak kesulitan mencarinya dan tidak harus mengantre lama," ujarnya.

Sementara Salim (46), penjaga toilet umum di Pospol Bundaran HI mengatakan, setiap CFD berlangsung toilet umum tersebut menjadi “primadona”, sehingga antrean pun mengular.

"Ini hanya satu-satunya toilet umum di daerah Bundaran HI," tuturnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini