Buku Sekolah Berisi Anjuran Mengkonsumsi Narkoba Beredar di Tangsel

Hambali, Okezone · Selasa 25 Oktober 2016 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 25 338 1523732 buku-sekolah-berisi-anjuran-mengkonsumsi-narkoba-beredar-di-tangsel-ZONgh2mhHa.jpg Buku sekolah yang berisi anjuran mengkonsumsi narkoba (Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Dunia pendidikan Indonesia kembali tercoreng. Pasalnya, beredar buku sekolah tingkat sekolah dasar (SD) yang menganjurkan untuk mengkonsumsi narkoba karena dianggap sebagai jamu dan obat-obatan.

Buku sekolah itu didapati beredar pada SDN Serua Indah 01, Jalan Suka Mulya Nomor 47, Serua Indah, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Buku studi bidang IPA itu berbentuk Lembar Kegiatan dan Evaluasi Siswa (Lekas) yang diperuntukkan bagi siswa kelas 5 SD atau MI.

Pada halaman 29 buku tersebut, terdapat kalimat yang berisi tentang manfaat dari daun dan tumbuhan hijau, salah satunya adalah jenis narkoba kokain dan ganja yang bermanfaat sebagai jamu dan obat-obatan.

Sayangnya, pihak sekolah enggan berkomentar soal adanya materi narkoba pada buku terbitan Bakti Ilmu (BI) itu. Bahkan, saat akan dikonfirmasi, pihak guru, wali kelas dan kepala sekolah terkesan menghindar dari wartawan.

"Saya enggak ngerti mas, jadi enggak bisa komentar. Buku itu sudah lama disekolah ini," kata salah seorang guru yang tak mau disebut namanya, Selasa (25/10/2016).

Sementara, perwakilan penerbit Bakti Ilmu (BI), Heri Mansur mengakui jika ada kekeliruan dalam konten yang dimaksud. Selanjutnya, dia akan melakukan evaluasi mendalam bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) berkaitan dengan hal tersebut.

"Besok kami rapat dengan UPT terkait, saya belum berani menyimpulkan kesalahannya di pihak siapa," ujarnya kepada wartawan.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini