Share

Momen 28 Oktober, Museum Sumpah Pemuda Dibanjiri Pengunjung

Randy Wirayudha, Okezone · Jum'at 28 Oktober 2016 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 338 1526943 momen-28-oktober-museum-sumpah-pemuda-dibanjiri-pengunjung-7uTk8l6DnP.jpg Para pelajar saat mengunjungi Museum Sumpah Pemuda (Foto: Randy Wirayudha/Okezone)

JAKARTA - Tidak seperti hari-hari biasanya, sejak Jumat (28/10/2016) pagi sebuah rumah tua di Jalan Kramat Raya No. 106, Kwitang, Jakarta Pusat, diramaikan sejumlah rombongan “tamu”. Para tamu itu penasaran dengan momen Sumpah Pemuda yang terjadi pada 88 tahun lampau.

Rumah itu sejak 1974 memang sudah dijadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda. Sayangnya, bagi kita orang awam yang biasa beraktivitas di sekitaran kawasan ini, tak banyak yang tahu akan museum ini. 

Sejak pagi, museum ini dipadati sejumlah rombongan pelajar. Dari pantauan Okezone, hampir tiap-tiap ruangan museum ini dijejali para pelajar dari beberapa sekolah, seperti SDN 01 Kwitang, SMP 28 Jakarta, hingga SMK Al Makmur.

Yang lebih bikin ramai lagi, museum ini juga tengah menggelar pameran tokoh Dr. Muwardi. Pameran ini masih akan dihelat, setidaknya sampai 22 November 2016 mendatang.

Museum ini jadi tempat lahirnya Sumpah Pemuda pasca-digelarnya Kongres Pemuda II 27-28 Oktober 1928. Momen ini jadi tonggak awal bersatunya para pemuda dari berbagai daerah yang kemudian dengan bangga menyebut diri mereka pemuda Indonesia.

"Kalau hari-hari biasa memang sepi. Pengunjung jumlahnya lumayan kalau akhir pekan dan mulai Agustus-Desember. Paling ramai ya, tanggal ini (28 Oktober)," terang pemandu museum Bakti Ari di lokasi, Jumat (28/10/2016).

Menurut dia, untuk melakukan kunjungan seperti ini para pelajar atau pihak sekolah tak perlu melakukan koordinasi terlebih dahulu. Kebanyakan, inisiatif para guru dari masing-masing sekolah.

"Ramainya para pelajar datang ke sini juga kebanyakan datang langsung. Enggak harus ada koordinasi dulu dan ya dari inisiatif guru-guru mereka saja," tandasnya.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini