Sandiaga Akan Galakkan Program Perbankan Syariah untuk Jakarta

Salsabila Qurrataa'yun, Okezone · Selasa 15 November 2016 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 15 338 1541926 sandiaga-akan-galakkan-program-perbankan-syariah-untuk-jakarta-uoKpxKdFHL.jpg Sandiaga Uno (Foto: Okezone)

JAKARTA - Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno merencanakan sebuah konsep berupa Jakarta Kota Syariah bagi umat muslim. Keinginannya tersebut disalurkan kedalam program perbankan syariah.

Menurutnya, program tersebut berfungsi untuk masyarakat yang membuka usaha kecil menengah (UKM) dengan modal yang tidak besar. Oleh karena itu, ia berharap perbankan syariah dapat menjadi solusinya.

"Sekarang ini penetrasi ekonomi syariah di bawah 5 persen terutama perbankan syariah belum hadir, sementara banyak sekali UKM yang memerlukan permodalan yang tidak mencekik. Salah satu solusi utamanya sebetulnya adalah perbankan syariah dan permodalan syariah," ujarnya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (15/11/2016).

Adapun Sandiaga mengaku bahwa ia akan mendukung kegiatan masyarakat ekonomi syariah itu. Pasalnya, cawagub nomor urut tiga ini mengatakan, jika Jakarta memerlukan pemimpin yang dapat menyejahterakan rakyatnya hingga kalangan kebawah.

"Kebetulan saya sebagai salah satu ketuanya, saya melihat bahwa kita perlu turun di level terbawah untuk menghadirkan perbiayaan utama berbasis syariah," paparnya.

Cawagub yang diusung partai Gerinda dan PKS ini mengatakan bahwa DKI di bawah 5 persen dalam soal perbankan syariah. Padahal, lanjut Sandiaga, populasi muslim di Ibu Kota berada dalam posisi di atas 85 persen.

"Mereka itu takut melihat ajaran-ajaran agama yang mengharamkan riba. Jadi ada keinginan dari warga untuk memastikan ke depan ada pembiayaan utama berbasis syariah," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini