Share

Eggy Sudjana Akan Tanyakan Ucapan Dhani yang Dinilai Hina Presiden

Lina Fitria, Okezone · Kamis 24 November 2016 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 24 338 1550159 eggy-sudjana-akan-tanyakan-ucapan-dhani-yang-dinilai-hina-presiden-lW7ZNYct83.jpg Eggy Sudjana

JAKARTA – Advokat Eggy Sudjana memenuhi panggilan Polda Metro Jaya. Dia dijadwalkan akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo yang dilakukan musisi Ahmad Dhani.

Sebelum masuk ke Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro, Eggy sempat menyatakan kebingungannya soal surat pemanggilan yang ditujukan ke dirinya. Eggy pun menilai seharusnya Jokowi yang membuat laporan atas kasus Dhani ini.

"Menurut ilmu hukum yang saya tahu, Pasal 207 KUHP ini berupa yang dimaksud penghinaan kepada penguasa, harusnya yang merasa dihina itu yang melapor. Saya akan bertanya kenapa tidak ada laporan dari Presiden Jokowi," kata Eggy di Mapolda Metro Jaya, Kamis (24/11/2016).

Selain itu, menurut Eggy, dirinya akan mempertanyakan kata-kata mana yang dilontarkan Dhani sehingga dianggap sebagai penghinaan terhadap Jokowi.

"Poin mana yang dianggap menghina, tapi objektivitas hukum menurut saya harus ada laporan dari presiden, itu baru prosedurnya benar banget," jelasnya.

Sekadar diketahui, Ahmad Dhani dilaporkan oleh Laskar Rakyat Jokowi (LRJ) dan Pro-Jokowi pada Senin 7 November 2016. Dhani dilaporkan atas tuduhan menghina Presiden Joko Widodo saat melakukan orasi pada demo 4 November 2016.

Calon wakil bupati Kabupaten Bekasi itu dianggap telah melanggar Pasal 207 KUHP. Selain itu, dia juga disangkakan melanggar Pasal 160 KUHP, dengan ancaman pidana paling lama enam tahun penjara.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini