nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

854 Orang Terindikasi Mengidap Gangguan Jiwa Berat

Ferio Pristiawan Ekananda, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 17:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 07 338 1561235 854-orang-terindikasi-mengidap-gangguan-jiwa-berat-a93JfSoIhq.jpg 854 Orang Mengidap Gangguan Jiwa Berat (Foto: Dinsos DKI)

JAKARTA - Sebanyak 854 orang dengan gangguan jiwa kategori berat dibina di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1, Dinas Sosial DKI Jakarta. Bahkan, 81 orang di antaranya mendapat rawat inap di Rumah Sakit, adapun sisanya mendapat perawatan di panti.

"Warga binaan sosial yang berada di panti ini berasal dari jalanan yang belum tersentuh obat. Sedangkan gangguan jiwa sangat bergantung dengan obat," ucap Sarima, Kepala Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1 di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Sarima juga mengemukakan, di panti Bina Laras merupakan klaster khusus orang dengan gangguan jiwa berat. Sehingga mereka yang berada di sini masih membutuhkan perawatan secara intensif.

Di samping itu, selain ada yang dirawat inap, warga binaan pun setiap minggu melakukan rawat jalan ke rumah sakit untuk mengetahui kondisi mereka. "Seminggu tiga kali warga binaan kami bergantian datang ke Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit," kata Sarima.

Sebelumnya, akibat aturan BPJS pihaknya diharuskan mendatangi rumah sakit untuk mendapat perawatan dari dokter. "Dulu kami ada klinik satelit. Jadi dokter yang mendatangi mereka. Tapi setelah ada aturan BPJS, maka kami yang semua yang mendatangi rumah sakit," jelas Sarima.

Jumlah warga binaan yang mencapai 854 orang itu diperkirakan akan terus bertambah.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini