Normalisasi Sungai Cisadane Sudah Berjalan Lima Kilometer

Agregasi Antara, · Rabu 28 Desember 2016 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 28 338 1577318 normalisasi-sungai-cisadane-sudah-berjalan-lima-kilometer-sojvNUTDjk.jpg ilustrasi (Foto: Antara)

TANGERANG - Kegiatan normalisasi di Sungai Cisadane selama kurun waktu 2016 telah menyelesaikan pekerjaan sepanjang lima kilometer. Kepala Bidang SDA Kota Tangerang, Taufik Syahzaeni mengatakan kegiatan normalisasi akan kembali dilanjutkan pada tahun depan dengan target seluruhnya yakni 26 kilometer.

Untuk tahun selanjutnya, diharapkan proses normalisasi akan lebih panjang lagi karena beberapa kendala yang dihadapi tahun ini sudah bisa diselesaikan.

"Khusus untuk kali-kali kecil secara bertahap Pemkot Tangerang juga telah melakukan normalisasi di beberapa titik, namun karena terbatasnya peralatan maka normalisasi tersebut kurang optimal," ujarnya, Rabu (28/12/2016).

Persoalan banjir yang selalu hadir hampir tiap tahun di Kota Tangerang, sambung Taufik, memerlukan penanganan yang tepat. Untuk itu Pemkot Tangerang terus melakukan usaha guna meminimalisir banjir yang sebagian besar diakibatkan oleh meluapnya kali sebagai dampak tingginya curah hujan.

"Dimulai dari penurapan kali, pembangunan saluran air yang memadai, dan juga normalisasi kali dan situ yang ada di Kota Tangerang. Khusus untuk normalisasi kali dan situ, hal ini dinilai sangat mendesak untuk dilakukan disamping usaha penurapan," jelasnya.

Taufik melanjutkan, dalam beberapa tahun terakhir pemkot juga telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membantu menyelesaikan normalisasi kali dan situ terutama yang dikelola oleh pemerintah pusat seperti Kali Cisadane dan Kali Angke.

"Beberapa kali yang menjadi kewenangan pemerintah pusat sudah masuk dalam pekerjaan. Kita bantu fasilitas pembebasan lahan yang akan dikerjakan," tukasnya.

Sementara itu, kegiatan normalisasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat yaitu Kemenpupera melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane pada tahun 2015 yakni normalisasi Cisadane sepanjang kurang lebih 1.600 meter. Normalisasi Kali Sabi sepanjang kurang lebih 300 meter, normalisasi Kali Cirarab sepanjang kurang lebih 300 meter dan Pengerukan Situ Cangkring di wilayah Kecamatan Priuk.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini