Share

Insiden Terbakarnya Kapal Wisata Dinilai karena Ada Kecerobohan

Ferio Pristiawan Ekananda, Okezone · Senin 02 Januari 2017 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 02 338 1580971 insiden-terbakarnya-kapal-wisata-dinilai-karena-ada-kecerobohan-lNPQTwSfid.jpg KM Zahro Express Terbakar di Perairan Jakarta Utara (Foto: Antara)

JAKARTA - Insiden pada sektor transportasi laut kembali terjadi setelah terbakarnya kapal wisata KM Zahro Expres di perairan Jakarta Utara pada hari pertama awal tahun 2017.

Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setiowarno menilai terjadi kecerobohan dalam kecelakaan kali ini.

"Kecerobohan masih berlanjut di sektor transportasi laut. Padahal sebelumnya sudah terjadi hal yang sama," ujarnya kepada Okezone, Senin (1/1/2016)

Djoko meyakini pasti ada yang salah dalam peristiwa nahas yang merenggut nyawa 23 orang tersebut. "Pasti ada yang salah, pasti," ungkapnya.

Djoko melanjutkan, kebiasaan para penyelenggara angkutan transportasi laut yang sering dilakukan adalah mengenai manifes penumpang.

Selain itu, Djoko juga melihat bahwa ada kesalahan regulasi terkait penyelenggar kapal. "Pasti ada yang salah di regulator," terangnya.

Sebelumnya, kapal wisata KM Zahro Express tujuan Muara Angke-Pulau Tidung mendadak terbakar.

Kemenhub menduga sementara penyebab terbakarnya kapal wisata KM Zahro Express karena adanya korsleting listrik di ruang mesin. "Dugaan sementara, insiden itu kemungkinan besar akibat korsleting listrik di ruang mesin," ungkapnya

Atas Kejadian tersebut 23 orang dikabarkan meninggal dunia. Dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini