Ribuan Pencari Suaka di Puncak Bakal Direlokasi

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 12 Januari 2017 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 12 338 1590035 ribuan-pencari-suaka-di-puncak-bakal-direlokasi-yC5lumg4xL.jpg Ilustrasi Okezone

BOGOR - Kantor Imigrasi Kelas I Bogor mencatat sebanyak 1.666 warga negara asing (WNA) berada di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Kantor Imigrasi Bogor, Herman Lukman mengatakan para imigran tersebut terdiri 1.009 pencari suaka dan 657 pengungsi dari negara asalnya.

"Mayoritas dari Afganistan, mereka menjadikan kawasan Puncak sebagai tujuan transit sebelum dikirim ke negara permohonan suakanya," katanya, Kamis (12/1/2017).

Herman menambahkan, para imigran akan kembali didata agar diketahui statusnya. Selain direlokasi, beberapa diantaranya juga akan dideportasi. 

"Nanti dilihat statusnya apa sudah ditolak oleh negara tujuan. Kalau sudah ditolak, bisa dideportasi," jelas Herman.

Sementara Bupati Bogor, Nurhayanti mengaku keberadaan mereka dinilai lebih banyak menimbulkan dampak negatif dibandingkan positifnya.

Terlebih, para imigran tersebut berada di tengah-tengah kawasan Puncak yang merupakan destinasi wisata di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami tidak ingin kawasan Puncak menjadi tempat transit imigran. Kami ingin Puncak kembali menjadi tempat wisata," kata Nurhayanti.

Pihaknya pun berencana akan segera merelokasi para imigran tersebut dan mengusulkannya ke pemerintah pusat untuk keluar dari kawasan Puncak.

"Nanti kita akan lakukan pendataan ulang dan mensosialisasikan mereka. Untuk tempat relokasinya belum diketahui, masih akan dibahas ke pihak terkait," jelasnya. (sym)

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini