Karena Tak Terealisasi, Ahok Menghindar dari Anies soal Kampung Deret

Badriyanto, Okezone · Minggu 15 Januari 2017 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 15 338 1591809 karena-tak-terealisasi-ahok-menghindar-dari-anies-soal-kampung-deret-GQajRRj3wX.jpg

JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan menyindir petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terkait janjinya tentang pembangunan kampung deret di pemukiman warga yang berada di bantaran kali. Sindiran itu dilontarkan saat debat pertama Pilgub DKI 2017.

Pengamat politik Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahuddin mengatakan Ahok sengaja tak merespon sindiran Anies soal kampung deret untuk menghindarai kelemahannya. Pasalnya, janji kampanye pada pemilihan sebelumnya itu tak dapat direalisasikan oleh Ahok.

"Kalau dia jawab justru sesi debat akan fokus pada isu kampung deret. Menurut saya Ahok menghindar karena membahas kelemahannya," kata Said kepada Okezone, Minggu (15/1/2017).

Dikatakan Said, jika Ahok terus merespons sindiran Anies tersebut, justru akan mengembalikan ingatan publik terhadap sejumlah kegagalan Ahok selama memimpin Jakarta. Menurutnya, cara menghindar ini merupakan strategi jitu dari Ahok.

"Jadi tidak meresponnya paslon itu (Ahok), bagian dari strategi karena kalau dia respon dikhawatirkan akan memabangkitkan memori publik tentang kampung deret yang tidak terealisasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Said mengingatkan agar kedua pasangan calon penantang Ahok dalam Pilgub DKI 2017 mengambil pelajaran dari sejumlah kegagalan Ahok dengan cara menepati janji-janji kampanyenya bila dipercaya memimpin Ibu Kota.

"Tetapi juga perlu diingatkan kepada dua paslon yang lain, jangan terulang pada paslon yang dua ini. Mereka harus belajar betul dari kanpanye Ahok agar tidak dianggap hanya pandai mengkritik tapi tidak bisa merealisasikan," pungkasnya.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini