Debat Cagub DKI Jakarta Selanjutnya Harus Fokus ke Masalah Utama di Ibu Kota

Bayu Septianto, Okezone · Senin 16 Januari 2017 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 16 338 1592272 debat-cagub-dki-jakarta-selanjutnya-harus-fokus-ke-masalah-utama-di-ibu-kota-zxP0xi3Q1S.jpg Anies-Sandiaga saat mengikuri sesi debat perdana yang digelar KPUD Jakarta (Foto Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Peneliti Senior Politik dan Pemerintahan Network for South East Asian Studies (NSEAS) Muchtar Effendi Harahap menilai, debat pertama pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Daerah sukses memberikan pendidikan demokrasi bagi masyarakat DKI Jakarta.

Meski dinilai sukses, Muchtar berharap debat selanjutnya harus lebih fokus kepada dua komponen utama permasalahan di Jakarta yakni reformasi birokrasi dan urusan kebutuhan rakyat DKI Jakarta.

"Harus fokus pada dua komponen urusan. Pertama, urusan pemerintahan terutama reformasi birokrasi. Kedua, urusan kebutuhan rakyat DKI, yakni kesehatan, pendidikan, pendapatan, keamanan, dan keadilan sosial," ujar Muchtar kepada Okezone, Senin (16/1/2017).

Menurut Muchtar, setiap pasangan calon harus memiliki solusi atas sebab-sebab terjadinya banyak masalah di Jakarta. Solusi tersebut haruslah didasari pemikiran yang sifatnya sebab akibat (kausalitas).

"Sehingga membantu pendidikan politik berorientasi pada urusan pemerintahan yang baik," jelasnya.

Dari ketiga pasangan calon, Muchtar menyoroti pasangan nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) yang belum memiliki gagasan alternatif yang dapat ditawarkan kepada masyarakat kelas menengah ke bawah di DKI Jakarta. Seharusnya dua pasangan lainnya menantang Ahok-Djarot yang merupakan petahana apakah hasil dari program yang telah dijalankan selama memimpin Jakarta, dan bertanya tentang program yang gagal dijalankan.

"Penantang lalu mempertanyakan mengapa bisa gagal. Selanjutnya, penantang bisa ajukan solusi yang harus diambil," tukasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini