nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pedagang Pasar Senen Menolak Direlokasi ke Blok V

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2017 12:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 24 338 1599430 pedagang-pasar-senen-menolak-direlokasi-ke-blok-v-FWqMmBxjSP.jpg Pedagang Pasar Senen berjualan di trotoar jalan (Foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Setelah kebakaran hebat melanda Blok I dan Blok II Pasar Senen, Jakarta Pusat. Pedagang yang mengalami musibah itu akan direlokasi oleh pihak pengelola pasar ke Blok V. Namun, mereka menolak usulan itu lantaran lokasi berdagang yang tidak strategis.

Salah satu pedagang bernama Minah (35) mengatakan rencana pengelola pasar memindahkan tempat dia mencari nafkah ke Blok V sama saja seperti mematikan usahanya. Sebab, kata dia, lokasi tersebut sepi pengunjung dan merupakan tempat penjualan onderdil mobil.

"Kita ini kan jualan pakaian, masa dicampur dengan bengkel. Ya enggak bakal laku lah kalau jualan di sana," ujarnya kepada Okezone di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (24/1/2017).

Ia menambahkan, seharusnya pihak pengelola pasar memindahkan pedagang ke pelataran parkir Blok I dan Blok II saja.

"Kami lebih memilih untuk pindah di tempat parkir sambil menunggu renovasi pasar yang terbakar," imbuhnya.

Hal senada dikatakan Rahmat (53). Ia mengatakan bahwa pengelola tidak menyediakan tempat untuk pedagang di tempat parkir, maka ia akan tetap berjualan di trotoar atau Jalan Raya Pasar Senen.

"Saya ini udah mengalami kerugian kebakaran sebesar Rp300 juta, masa mau dipindahin ke lokasi yang sepi pembeli," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, api melahap blok I dan Blok II Pasar Senen sejak Kamis 19 Januari 2016 pukul 04.15 WIB. Api awalnya membakar lantai 1 Blok II, kemudian menyebar hingga membakar hingga lantai 3. Tak kurang dari 1.691 unit kios terbakar habis dalam insiden ini, dengan total kerugian yang harus ditanggung pedagang mencapai Rp101,2 miliar.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini