Marak Tawuran Antarwarga, Apa Sih Pemicunya?

Agregasi Sindonews.com, · Selasa 07 Maret 2017 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 07 338 1636062 marak-tawuran-antarwarga-apa-sih-pemicunya-wAaBNOeacf.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengamat Sosial dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (UHAMKA), Gilang Kumari Putra angkat bicara soal maraknya aksi tawuran yang terjadi di Jakarta.

Terbaru, bentrok antara warga Gang Tuyul dan Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta Selatan, kembali pecah pada Senin 6 Maret 2017 sore. Gilang pun menyebut ada beberapa faktor penyebabnya antara lain, ekonomi, pendidikan, pemahaman agama, geografis, lingkungan dan pengaruh miras atau narkotika.

"Solusinya segenap pejabat terkait pemda, polisi, TNI dan tokoh masyarakat bisa berembug untuk menciptakan kegiatan positif seperti olahraga. Lapangan pekerjaan dan pelatihan tepat guna juga bisa mencegah orang ikut tawuran," kata Gilang saat dihubungi Sindonews, Selasa (7/3/2017).

Gilang mencontohkan, kasus tawuran yang kerap terjadi di Tambora, Jakarta Barat. "Di sana itu Polseknya membuat hotline tawuran. Jadi begitu ada tawuran segera ditindaklanjuti. Mereka juga membentuk satgas antitawuran dari para pemuda. Melibatkan partisipasi mereka," ujarnya.

"Selain itu, dibuat pula penyuluhan bahaya tawuran dan pentingnya rasa cinta damai kepada sesama," Gilang menambahkan.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini