nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lusa, Pedagang Pasar Senen Mulai Berjualan di Blok V

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 07 Maret 2017 20:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 07 338 1636799 lusa-pedagang-pasar-senen-mulai-berjualan-di-blok-v-Vx3taBaD7i.jpg Blok V Pasar Senen (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Kebakaran hebat melanda Pasar Senen Blok I dan II pada 19 Januari 2017. Namun, kini pedagang yang kiosnya hangus dilahap api bisa bernafas lega, karena Blok V yang akan menjadi tempat penampungan sementara sudah siap digunakan sembari menunggu Blok I dan II dibangun kembali.‎

Pimpinan Unit Pusat Perdagangan Senen Blok I dan II Prismo Juni Prianto mengatakan, telah menyediakan 644 kios untuk menampung sekira 500 pedagang. Kata dia, hanya menyediakan kios untuk pedagang yang resmi menyewa dengan PT Pembangunan Jaya.

"Total kios yang akan kita sediakan itu ada 644. Yang kita fasilitasi itu kan pedagang resmi yang nyewa dengan kita. Jadi, dulu‎ ada pemilik kios yang memiliki kios lebih dari satu. Lalu, dia menyewakan kiosnya ke orang lain. Itu tidak bisa kita fasilitasi," ujarnya saat ditemui di Kantor PT Pembangunan Jaya, Selasa (7/3/2017).

Ia menambahkan, luas kios yang ada di Blok V itu sekira 2X2 meter. Namun, sambungnya, tidak semua kios memiliki luas sebesar itu, karena ada beberapa toko yang luasnya hanya 1,5X1,5 meter.

"Kalau ada ukuran yang kecil seperti 1,5 X 1,5 mungkin posisi toko yang dia tempati itu strategis seperti di depan pintu. Lalu kita kasih pilihan ke dia untuk mengganti tempat, tapi dia enggak mau, karena tempatnya yang sudah strategis. Jadi, semua ada plus minusnya," paparnya.

Menurut Prismo, mulai hari ini sudah dibagikan kunci kepada pedagang yang terdaftar. Sehingga pihaknya berharap Kamis 9 Maret 2017, seluruh pedagang sudah bisa menempati lokasi tersebut.

"Hari ini sudah mulai kita bagikan kunci kios ke pedagang. Mudah-mudahan Kamis besok mereka sudah bisa kembali untuk berdagang," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini