Hadir di Peringatan Ke-51 Supersemar, Anies: Banyak Pelajaran dari Sosok Soeharto

Putera Negara, Okezone · Minggu 12 Maret 2017 05:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 12 338 1640527 hadir-di-peringatan-ke-51-supersemar-anies-banyak-pelajaran-dari-sosok-soeharto-JccvBK8JLq.jpg (Foto: ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa)

JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan menganggap acara peringatan ke-51 Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) dan haul Presiden ke-2 Indonesia Soeharto yang digelar di Masjid At-Tin, Jakarta Timur merupakan bagian dari pembelajaran sejarah.

Menurut Anies, banyak nilai-nilai yang bisa dipetik dan hal penting yang bisa diambil hikmahnya dari seluruh rangkaian peristiwa bersejarah tersebut.

"Jadi, pada malam hari ini kita lakukan zikir. Dan bangsa Indonesia punya begitu banyak peristiwa-peristiwa bersejarah," kata Anies di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Sabtu  11 Maret 2017 malam.

Anies menyatakan sebagai penerus bangsa, tugas utama masyarakat saat ini adalah belajar dari sejarah demi memperbaiki masa depan.

Peristiwa di masa lalu, kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Presiden Joko Widodo itu, merupakan pembelajaran penting untuk menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

Dalam kesempatan ini, Anies juga sempat mengomentari sosok Presiden ke-2 Soeharto. Menurutnya, Soeharto jelas memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda.

"Setiap pemimpin memiliki zamannya, dan setiap zaman memiliki pemimpinnya. Jadi, di zamannya figur Pak Harto adalah seorang pemimpin yang banyak berbicara pembangunan," tuturnya.

"Setiap manusia ada kekurangan ada kelebihan. Bagian kita sebagai generasi penerus adalah mengambil hikmahnya, bukan sekedar menengok apa yang sudah terjadi. Mengambil hikmahnya dan banyak pelajaran kepeminpinan yang kita ambil dari figur Pak Harto," sambung Anies. 

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini