KPU DKI Siap Tindak Lanjuti Temuan Tim Anies-Sandi Terkait DPT Invalid

Achmad Fardiansyah , Okezone · Sabtu 25 Maret 2017 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 25 338 1651048 kpu-dki-siap-tindak-lanjuti-temuan-tim-anies-sandi-terkait-dpt-invalid-KN29VbnSEV.jpg Ketua KPU DKI Sumarno (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Sumarno mempersilakan Tim Pemenangan Anies-Sandi untuk mengonfirmasi temuan data pemilih tetap (DPT) invalid. KPU DKI juga akan menindaklanjutinya untuk memastikan temuan tersebut.

"Data itu tentu harus dikonfirmasi ke KPU," katanya kepada Okezone, Sabtu (25/3/2017).

Nantinya, sambung Sumarno, KPU akan menjelaskan data-data temuan tersebut, sehingga dapat dipastikan apakah data pemilih itu invalid atau tidak.

"Jadi, apa yang menurut paslon invalid nanti setelah dijelaskan di KPU bisa jadi tidak invalid," ungkapnya.

Sumarno mengakui, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah data tersebut invalid. Pasalnya, KPU DDKI hingga saat ini belum mengetahui bentuk invalid yang dimaksud dalam temuan Tim Anies Sandi.

"Sulit untuk menyimpulkan yang maksud data invalid itu seperti apa. Kita juga belum tahu kan," ungkapnya.

Saat menanggapi ada yang tidak beres dari kode Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak sesuai dengan kode daerah, Sumarno mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Penduduk dan catatan sipil (Dukcapil).

"Iya makannya harus kita lihat dulu apalagi terkait dengan kode-kode KTP itu harus dikroscek dulu Dukcapil apa benar nomor induk yang resmi kalau bukan, berarti jelas palsu kan gitu, tapi tentu yang bisa menyimpulkan setelah kita konfirmasi dengan Dukcapil," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini