Tampilkan Beragam Kesenian, Pawai Keadilan Sosial Membahana di CFD

Tim Okezone, Okezone · Minggu 02 April 2017 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 02 338 1656774 tampilkan-beragam-kesenian-pawai-keadilan-sosial-membahana-di-cfd-CDkZhKGl2v.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Forum Masyarakat Jakarta Bersatu menggelar Pawai Keadilan Sosial di area car free day (CFD), Jalan MH Thamrin Minggu (2/4/2017).

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah norma dasar negara, yang dalam hal ini sebagai sila kelima Pancasila. Forum Masyarakat Jakarta Bersatu, yang merupakan himpunan berbagai elemen masyarakat Jakarta, terpanggil untuk mensosialisasikan, menyampaikan kepada warga Indonesia, bahwa norma dasar tersebut merupakan hal prinsip yang harus menjadi pedoman dalam kita membangun kehidupan bersama.

"Keadilan sosial, tidak membenarkan ketimpangan yang terlalu lebar. Keadilan sosial mengharuskan negara untuk menjalankan kekuasaan secara benar, dan dengan begitu seluruh kerja negara harus bermuara pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," papar Awaluddin salah satu anggota Forum Masyarakat Jakarta Bersatu.

Warga negara, lanjut Awaluddin, harus paham sepenuhnya bahwa pernyataan "bagi seluruh rakyat Indonesia", berarti suatu kewajiban kepada negara untuk melayani semua warga tanpa terkecuali.

"Di negeri ini, tidak boleh ada yang diistimewakan, dan tidak boleh ada yang berdiri di atas hukum. Maka ketika ada kesenjangan sosial yang lebar, kita semua harus mawas diri, saling mengingatkan, agar jangan sampai ketidakadilan terus hadir," ujar Awaluddin.

Hal senada disampaikan Zachra anggota Forum Masyarakat Jakarta Bersatu, pawai Keadilan Sosial adalah cara warga untuk menunjukkan sikap, cara warga untuk mengajak kita semua setia kepada Pancasila

"Khususnya agar kita benar-benar meletakkan keadilan sosial sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara," ujar Zachra.

Pawai dengan ragam kesenian, seperti reog, qasidah, hadrah, silat, barongsai, palang pintu, marching band, dan lain-lain, hendak memperlihatkan pula bahwa senyatanya Indonesia memiliki keragaman. "Apa yang penting, bukan keragaman itu sendiri, tetapi keragaman harus hadir dalam keadilan sosial," papar Zachra.

Tanpa keadilan sosial, keragaman tidak mencerminkan keindonesiaan. Keragaman dapat disebut mencerminkan keindonesiaan jika hadir dalam keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini