nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNBK Bikin Siswa Cepat Kerjakan Soal

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Senin 10 April 2017 10:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 10 338 1663195 unbk-bikin-siswa-cepat-kerjakan-soal-Ryaxx4TYyM.jpeg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) semakin diperbanyak. Berdasarkan data di laman UBK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pada UN SMA ini terdapat 9.652 sekolah penyelenggara UNBK.

Ujian berbasis komputer ini sendiri dinilai siswa lebih praktis dan hemat waktu. Sebab, siswa tak perlu repot-repot lagi menghitamkan lembar jawaban kerja (LJK) seperti pada ujian nasional kertas pensil (UNKP).

"Lebih enak UNBK, cepat mengerjakan soal," sebut seorang siswa di SMA Negeri 10 Bogor, Fadhila, Senin (10/4/2017).

Namun, Fadhila memgaku hal yang paling dikhawatirkan siswa pada pelaksanaan UNBK, yakni terkait server dan listrik. Sebab, pelaksanaan UNBK tingkat SMK belum lama ini beberapa terkendala masalah teknis.

"Iya, server sih yang takut eror. Kalau listrik harusnya sudah dijamin sama PLN," ucapnya.

Setiap sekolah sendiri wajib menyediakan teknisi dan proktor di setiap ruang ujian. Mereka bertugas memastikan tidak ada gangguan selama siswa melaksanakan UNBK.

"Di sekolah UNBK dibagi dua sesi, aku masuk sesi kedua tetapi memang diwajibkan untuk datang pagi semua," tukas siswi jurusan IPS tersebut.

(fzy)

Berita Terkait

Ujian Nasional

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini