nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebelet Jadi Polwan, Wanita Cantik Ini Nekat Palsukan Ijazah

Muhammad Iqbal, Jurnalis · Rabu 26 April 2017 14:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 26 338 1676773 kebelet-jadi-polwan-wanita-cantik-ini-nekat-palsukan-ijazah-DKXL7bLOUi.jpg foto: Illustrasi Okezone
 

JAKARTA - Seorang wanita cantik asal Sidoarjo berinisial LE diamankan polisi karena memalsukan ijazahnya untuk mendaftarkan diri menjadi Polisi Wanita (Polwan) di Polres Jakarta Barat.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat, AKBP Andi Adnan Syafruddin menjelaskan, tersangka awalnya mengutarakan kepada keluarganya ingin mendaftarkan diri menjadi Polwan di Polres Jakarta Barat.

“Setelah melihat persyaratan, umur yang ditentukan maksimal 20 tahun, sedangkan umur tersangka hampir 21 tahun akhirnya berubah semua ijazah dan akte kelahiran,” jelasnya kepada wartawan di Mapolres Jakarta Barat, Rabu (26/4/2017).

 

Kemudian tersangka menyerahkan berkas persyaratan menjadi Bintara Polri pada Kamis 13 April 2017. Tetapi, setelah dicek oleh petugas dinas pendidikan, ternyata ijazah yang digunakan LE palsu.

“Dia itu merubah ijazah SD, SMP, SMA dan juga akta kelahirannya. Dia merubah tahun lahirnya yang semula 1996 menjadi 1997,” sambungnya.

Berdasarkan keterangan dinas pendidikan, LE langsung diamankan Satuan Reskirm Polres Jakarta Barat. Kini wanita yang tinggal di Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat ini mendekam dibalik jeruji besi.

Menurutnya, perbuatan tersangka sudah pidana, karena tertuang di Pasal 263 Ayat 2 KUHP atau 266 Ayat 2 KUHP yang berbunyi Dengan sengaja menggunakan surat palsu dan atau yang dipalsukan maka akan diancam hukuman selama-lamanya 6 tahun penjara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini