Habib Rizieq & Bachtiar Nasir Tak Ikut Long March GNPF MUI

Silviana Dharma, Okezone · Jum'at 28 April 2017 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 28 338 1678341 habib-rizieq-bachtiar-nasir-tak-ikut-long-march-gnpf-mui-iCCtoALsIN.jpg (Dok Okezone)

JAKARTA – Sejumlah organisasi massa Islam yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI akan menggelar Aksi Simpatik bertajuk ‘Menjaga Independensi Hakim’ pada Jumat 28 April 2017. Aksi itu untuk mendukung majelis hakim memberikan vonis maksimal terhadap terdakwa kasus penistaan agama, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Massa yang datang diperkirakan berjumlah lebih dari 1.000 orang. Meski dipelopori GNPF MUI, ketua umum ormas tersebut, Bachtiar Nasir, dipastikan berhalangan datang.

Demikian keterangan dari Sekretaris Jenderal Front Pembela Islam (Sekjen FPI) DKI Jakarta, Novel Bamukmin, saat dikonfirmasi Okezone pada Kamis 27 April 2017. Habib Novel mengatakan, Ketua FPI Habib Rizieq juga akan absen dalam aksi simpatik kali ini.

“Habib Rizieq dan Bachtiar Nasir tidak bisa hadir karena mereka ada yang sedang berada di luar kota, ada juga yang lagi di luar negeri,” tuturnya.

Meski begitu, aksi dipastikan akan tetap berjalan seperti yang dijadwalkan. Usai salat Jumat, massa rencananya bergerak dari Masjid Istiqlal. Mereka akan jalan kaki menuju Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

GNPF MUI berharap bisa memberikan dukungan moral kepada majelis hakim yang mengadili Ahok agar tidak takut pada campur tangan dan tekanan dari pemerintah. Mereka meminta hakim berani memutus bersalah Ahok dan memvonisnya dengan hukuman maksimal lima tahun penjara.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini