nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengamat: Gesekan Politik di Pilkada DKI Hanya di Akar Rumput

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 28 April 2017 20:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 28 338 1679069 pengamat-gesekan-politik-di-pilkada-dki-hanya-di-akar-rumput-bRjMBsMzmE.jpg Ilustrasi (Dok.Okezone)

JAKARTA - Pakar komunikasi politik dari Universitas Mercu Buana Jakarta, Heri Budianto, meminta masyarakat mendapatkan pengertian tentang dinamika politik di belakang panggung yang sebenarnya tak terlalu panas dibandingkan saat berada di depan panggung.

Heri mengungkapkan gesekan-gesekan dalam dinamika politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta hanya terjadi di level akar rumput dan tak memanaskan situasi di elite partai. Heri melihat pertemanan antarelite politik tetap terjalin di belakang panggung walaupun pilihan politik mereka berbeda.

"Menjadi tugas bersama untuk menyampaikan sisi lain, apa yang sebenarnya terjadi dalam panggung politik secara umum," kata Heri saat diskusi Rekonsiliasi Pascapilkada DKI Jakarta Putaran Kedua di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Heri menyebut, Pilkada DKI Jakarta ini terkesan seperti Pemilihan Presiden 2014. Hal ini karena panasnya situasi politik ditambah adanya gesekan-gesekan di masyarakat, salah satunya maraknya isu agama turut dibawa dalam politik, seperti kasus penodaan agama yang dilakukan salah satu calon gubernur.

"Pilkada DKI Jakarta adalah pilpres jilid dua. Nuansanya bukan pilkada lagi, tapi rasanya pilpres. Ini membuat situasi tambah panas seolah berhadap-hadapan," ucap Heri.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini