nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengamat: Pilkada DKI Munculkan Gairah Politik Maju ke Pilpres

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 28 April 2017 20:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 28 338 1679106 pengamat-pilkada-dki-munculkan-gairah-politik-maju-ke-pilpres-gyetPY67IJ.jpg Diskusi Rekonsiliasi pascapilkada DKI di Gedung DPR (Foto: Bayu Septianto/Okezone)

JAKARTA - Pakar komunikasi politik dari Universitas Mercu Buana Jakarta Heri Budianto, menganggap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 mengundang gairah politik untuk memuluskan jalannya menuju pemilihan presiden.

Hal itu terjadi setelah Joko Widodo yang maju dan menang dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2012 melanjutkan langkahnya menjadi presiden.

"Selain itu, instrumen Ibu Kota Negara yang bukan hanya pusat pemerintahan tapi juga bisnis dan informasi, membuat DKI Jakarta semakin panas," ujar Heri saat diskusi Rekonsiliasi Pascapilkada DKI Jakarta Putaran Kedua di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Ramainya Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, menurut Heri, menghilangkan perhatian publik terhadap 100 Pilkada lainnya di seluruh Indonesia. Banyak orang yang justru seolah tidak tahu jika daerahnya juga sedang pilkada dan fokus perhatiannya hanya di Jakarta.

"Ini fakta politik yang tidak bisa dihindari," kata Heri.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini