Jelang Sidang Isbat Begini Suasana di Kemenag

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 26 Mei 2017 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 26 338 1700655 jelang-sidang-isbat-begini-suasana-di-kemenag-RVL9fIk3RU.jpg Tempat konferensi pers penetapan awal bulan ramadhan (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat untuk menentukan awal bulan suci Ramadan 1437 Hijriah pada Jumat (26/5/2017) sore di ruang Auditorium HM Rasjidi, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Pantauan Okezone di lokasi, tempat berlangsungnya konprensi pers sudah dipenuhi oleh awak media dari elekrtronik, cetak dan online untuk melakukan tugas peliputan.

Tak hanya itu, terlihat sejumlah perwakilan dari negara sahabat dan tokoh agama dari organisasi masyarakat (Ormas) Islam menyambangi kantor Kemenag untuk memenuhi undangan penentuan awal Ramadan.

Sebelumnya diberitakan, Humas Kemenag, Rosidin Karidi mengatakan untuk menentukam awal Ramadan, pihaknya akan melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh tanah air. Pemantauan, kata dia, akan dimulai pukul 17.00 WIB.

"Untuk di Jakarta akan digelar di Kanwil Kemenag, Kebun Nanas, Jakarta Timur," ujarnya saat berbincang dengan Okezone.

Mekanisme sidang isbat, lanjut dia, akan diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438 Hijriyah oleh ahli astronomi dari hasil pemantauan di berbagai daerah.

"Selanjutnya shalat, setelah itu makan malam dan dilanjutkan dengan sidang. Nah ini tertutup sidang isbatnya," imbuhnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini