nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wartawan RMOL Dicekik, Komnas HAM: Ini Penistaan terhadap Profesi Wartawan!

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 01 Juni 2017 05:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 31 338 1704852 wartawan-rmol-dicekik-komnas-ham-ini-penistaan-terhadap-profesi-wartawan-MAoWCYHP1o.jpg

JAKARTA - Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution menyesalkan perilaku tidak manusiawi yang dilakukan oknum yang mengaku protokoler Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terhadap wartawan Rakyat Merdeka Online (RMOL), Bunaiya Fauzi Arubone.

Oknum petugas protokoler Kementerian PUPR itu sebelumnya melakukan kekerasan terhadap jurnalis, di mana Bunaiya dicekik dan dimaki olehnya.

"Komnas HAM menyesalkan perilaku tidak manusiawi yang dilakukan oleh oknum yang mengaku protokoler/pegawai PUPR terhadap wartawan RMOL," kata Maneger kepada Okezone, Kamis (1/6/2017).

Tindakan kekerasan dan ujaran kasar dari oknum tersebut, kata dia, nyata-nyata di samping melanggar Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, juga merupakan penistaan terhadap profesi wartawan.

"Juga merupakan penistaan terhadap profesi wartawan dan melanggar hak publik atas informasi. Untuk itu kementerian yang bersangkutan harus minta maaf ke publik. Dan, memproses pegawai tersebut sesuai peraturan yang berlaku," tutup Maneger.

Sebelumnya diberitakan, wartawan RMOL Bunaiya Fauzi Arubone mendapat kekerasan oleh seorang oknum petugas protokoler Kementerian PUPR saat sedang meliput. Ia dicekik dan dimaki oleh okum tidak bertanggung jawab tersebut. (sym)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini