nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyoal Video Bugil, Sosiolog: Berdampak Traumatis Besar Bagi Wanita Tersebut

Bayu Septianto, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 07:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 07 338 1709494 menyoal-video-bugil-sosiolog-berdampak-traumatis-besar-bagi-wanita-tersebut-3Us9i9aVMW.jpg Wanita bugil (gambar video: Youtube)

JAKARTA - Baru-baru ini, netizen digemparkan dengan viral sebuah tayangan yang memperlihatkan seorang wanita berkulit putih memasuki sebuah apotek dengan mengenakan celana dalam saja. Dari hasil pemeriksaan polisi wanita yang nekat bugil saat belanja di Apotek Roxy di daerah Lokasari, Tamansari, Jakarta Barat itu berinisial VM. Berdasarkan pemeriksaan urine yang dilakukan polisi VM diduga mengalami gangguan jiwa dan diketahui menggunakan obat penenang.

Sosiolog dari Universitas Ibnu Khaldun Jakartra, Musni Umar menyayangkan tindakan masyarakat sekitar yang tak menolong VM seperti mengenakan kain atau pakaian untuk menutup tubuhnya.

Parahnya, Musni menyesalkan adanya masyarakat yang merekam kejadian tersebut dan menjadikannya viral di masyarakat. Menurut Musni, beredarnya video tersebut malah bisa semakin memukul kejiwaan VM.

"Dengan peristiwa dia bugil, lalu ada yang merekam. Yang merekam itu tanpa dia sadar memukul luar biasa wanita itu," jelas Musni kepada Okezone, Rabu (7/6/2017).

Musni mengungkapkan rasa malu yang luar biasa akan dihadapi VM, tak hanya di keluarga tapi juga saat ia berada di masyarakat.

"Harusnya jangan divideokan dan disebarluaskan. Ini kan aib. Aib itu jangan diumbar ke masyarakat. Kalau dia dalam keadaan sehat dan normal mana mungkin dia melakukan bugil ke masyarakat," tuturnya.

Musni mengungkapkan sepanjang hidupnya, VM akan mengalami traumatik yang luar biasa. Untuk itulah, Musni berharap adanya pendampingan keluarga dan psikolog untuk memberikan semangat hidup dan mengembalikan kepercayaan dirinya untuk melanjutkan kembali kehidupannya yang normal.

"Takutnya nanti, dia lakukan hal yang diluar batas. Nah ini harus terus didampingi, beri dia semangat," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini