nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! Bus Angkutan Mudik Lebaran Diwajibkan Melalui Posko Ramp Check

Muhammad Iqbal, Okezone · Selasa 13 Juni 2017 03:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 13 338 1714390 mantap-bus-angkutan-mudik-lebaran-diwajibkan-melalui-posko-ramp-check-ay7XIcnfQm.jpg Ilustrasi bus di terminal. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Menjelang masa mudik 2017, Terminal Kalideres di Jakarta Barat memastikan tidak ada bus yang tidak laik beroperasi untuk mengangkut para penumpang. Setiap kendaraan yang hendak melakukan perjalanan jauh bakal melalui posko pengecekan yang sudah disiapkan di sana. 

Terminal Kalideres diketahui merupakan terminal angkutan penumpang dalam maupun luar kota. Di terminal ini biasanya masyarakat memburu tiket untuk bepergian pulang kampung. Kali ini ada yang berbeda dari masa mudik tahun lalu. 

Revi Zulkarnain, kepala Terminal Antarkota Kalideres, mengatakan untuk bus pengangkut masyarakat pada mudik 2017 pihaknya sudah melakukan ramp check (cek jalan) untuk memastikan tidak ada kendaraan yang tidak laik beroperasi. 

“Hingga saat ini kami belum menemukan kendaraan yang tidak laik untuk jalan. Jika ada kami temukan hal itu akan kami lakukan penindakan secara tegas,” ungkapnya kepada Okezone, Senin 12 Juni 2017. 

Selain melakukan pengecekan dini terhadap kendaraan yang mengangkut mudik tahun ini, nanti akan ada posko ramp check yang akan disiapkan 10 hari menjelang Lebaran. “Mereka (sopir) nantinya melalui posko pengujian terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan untuk mengangkut mudik,” tegasnya. 

Posko ini, sambung Revi, akan dijaga oleh petugas yang berkompeten melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang akan beroperasi. “Pemeriksaan kelaikan kendaraan bermotor ini akan dilakukan oleh petugas PKB Kedaung Angke dan BPTJ Kemenhub,” ujarnya. 

Jadi, menurut Revi, masyarakat tidak perlu khawatir memakai jasa transportasi darat di setiap terminal untuk melangsungkan perjalanan mudik ke kampung halaman mereka. 

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini