nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ledakan Kesenjangan Sosial Picu Aksi Nekat Pelaku Kejahatan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 07:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 15 338 1716524 ledakan-kesenjangan-sosial-picu-aksi-nekat-pelaku-kejahatan-d5Cm0v9G2H.jpg

JAKARTA – Dua kasus pencurian bersenjata api terjadi di sekitar Ibu Kota dalam kurun waktu sepekan. Menanggapi hal tersebut, sosiolog Universitas Nasional, Sigit Rochadi menilai kejahatan seperti ini sebenarnya ada cukup lama dan bukanlah sesuatu yang baru.

Sigit menyebut, kelompok tersebut tak segan menggunakan kekerasan dan menghabisi korban.

“Artinya ini bukan sesuatu yang baru munculnya kelompok ini sudah ada sejak lama dengan mengunakkan kekerasan,” ujar Sigit kepada Okezone, Kamis (15/6/2017).

Dikatakan Sigit, munculnya kriminalitas merupakan semacam bentuk kekecewaan dari sebuah kelompok yang tidak matang dari segi ekonomi. Alhasil mereka nekat melakukan tindak pidana pencurian yang disertai dengan kekerasan.

“Ini semacam kekecewaan yang akut dari kelompok-kelompok yang tidak matang, kelompok yang labil secara ekonomi terhadap kelompok yang secara ekonomi itu lebih matang,” sambungnya.

Ia juga mengatakan faktor lain penyebab maraknya kriminalitas adalah adanya kesenjangan sosial dan lingkungan yang membuat mereka berbuat seperti itu.

“Sebenarnya ini juga bentuk ledakan kesenjangan sosial, dengan mereka melakukan kriminalitas mereka bisa memuhi kebutuhannya, selain itu mereka ini produk dari keluarga yang gagal menanamkan kreativitas, kebersamaan, keharmonisan dalam keluarga,”pungkasnya. (sym)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini