nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Warga Mudik, Arus Lalu Lintas di Sejumlah Ruas Jalan Jakarta Lancar

ant, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 08:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 23 338 1723241 banyak-warga-mudik-arus-lalu-lintas-di-sejumlah-ruas-jalan-jakarta-lancar-v6uWyrNLur.jpg Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan (Salman Mardira/Okezone)

JAKARTA - Sejumlah ruas jalan di wilayah DKI Jakarta terlihat relatif lancar pagi ini, yang merupakan hari pertama dari pemberlakuan cuti bersama periode Lebaran 2017. Kemacetan jalanan Ibu Kota berkurang karena banyak warga yang sudah mudik.

Berdasarkan informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Jumat (23/6/2017), situasi lalu lintas di sejumlah jalan raya dalam kota terpantau ramai lancar.

Antara juga memantau arus lalu lintas dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan, hingga ke ruas jalan protokol Thamrin-Sudirman, Jakarta Pusat. Lalu-lintas juga terpantau lancar.

Bila biasanya dari Lebak Bulus menuju Thamrin dapat memakan waktu sekitar 1,5 jam, pada pagi ini jalur dapat dilalui hanya dalam waktu sekitar 45 menit dengan naik taksi.

Jalan Mampang Prapatan-Kuningan juga lancar. Jika biasanya antara perempatan Mampang dan Kuningan Timur dirundung macet parah tiap pagi, tapi hari ini kepadatan kendaraan berkurang drastis dibanding biasanya.

Selain itu, selama pelaksanaan cuti bersama 23-30 Juni 2017, TMC menyatakan kebijakan pengendalian plat kendaraan ganjil genap tidak diberlakukan.

Sementara itu kepadatan lalu lintas, menurut informasi dari TMC Polda Metro Jaya, relatif terjadi di jalan tol menuju ke arah luar kota. Kepadatan lalu-lintas tersebut antara lain terpantau di ruas tol dari Bekasi Timur arah Cikampek dan ruas tol dari Cikunir arah Cikarang Utama.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan telah mengoordinasikan manajemen lalu lintas angkutan Lebaran 2017 bersama Kapolri dan pemangku kepentingan lain untuk mengantisipasi kemacetan berkepanjangan.

"Hari ini, kami lakukan koordinasi dengan kepolisian sebagai operator lapangan dari mudik Lebaran. Saya apresiasi yang dilakukan oleh Kapolri dan semua pemangku. Setelah kami pantau, banyak perbaikan dari apa yang sudah ada sebelumnya," ujar Menhub setelah menghadiri gelar pasukan Operasi Ramadaniya 2017 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, awal pekan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Budi menekankan manajemen lalu lintas yang diterapkan di Tol Cipali yang menjadi tumpuan utama para pemudik menuju Jawa Tengah. Selain itu, pemudik diimbau untuk menggunakan juga Jalur Pantura dan Jalur Selatan, tidak bertumpu hanya pada jalan tol Cipali-Brebes.

Menhub berharap dengan adanya manajemen lalu lintas tersebut, tidak terjadi suatu kemacetan berkepanjangan di Brexit seperti 2016. Menurut dia, kepadatan lalu lintas memang tidak dapat terelakkan, namun dirinya optimistis lalu lintas dapat dikelola dengan baik.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini