nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Underpass di Stasiun Tebet, KCJ Harap Dapat Mempermudah dan Meningkatkan Keselamatan Penumpang

Silviana Dharma, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 10:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 25 338 1743340 ada-underpass-di-stasiun-tebet-kcj-harap-dapat-mempermudah-dan-meningkatkan-keselamatan-penumpang-qaDqZGshYj.jpg Underpass di Stasiun Tebet yang sudah dioperasikan sejak Senin 24 Juli 2017. (Foto: Silviana Dharma/Okezone)

JAKARTA – Para penumpang di Stasiun Tebet tak perlu lagi waswas atau menunggu lalu lalang kereta untuk bisa menyeberang karena PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) baru saja mengoperasikan underpass atau terowongan bawah antar peron.

Direktur Utama KCJ, Nurul Fadhila mengatakan, pembangunan underpass tersebut merupakan bagian dari program integrasi layanan publik antarmoda yang sudah dimulai pengerjaannya sejak 2016. Ada tujuh stasiun yang dibangun underpass, dua di antaranya sudah dibuka. Pertama, di Stasiun Manggarai pada Maret 2017 dan Stasiun Tebet pada Senin 24 Juli kemarin.

Pembangunan underpass di Stasiun Tebet termasuk prioritas KCJ karena letaknya strategis. Bisa menyambung ke Kampung Melayu, Casablanca, dan perumahan penduduk.

"Penataan Stasiun Tebet ini sedikit spesifik karena sudah terhubung dengan angkutan umum lanjutan, yaitu bus Transjakarta. Pembangunan underpass juga kami rasa penting di sini karena dibanding 2016, volume penumpangnya naik signifikan sebesar 25%," terangnya saat jumpa pers di peron satu Stasiun Tebet, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

(Foto: Silviana Dhrama/Okezone)

Fadhila berharap, underpass di Stasiun Tebet dapat mempermudah pengguna KRL Jabodetabek menyeberangi peron. Selain itu, dengan adanya underpass tesebut juga meningkatkan keamanan dan keselamatan para pengguna KRL Commuter Line saat berpindah peron masuk maupun keluar.

Untuk spesifikasi, kedalaman terowongan penyeberangan orang di Stasiun Tebet, yaitu 2,5 meter di bawah jalan rel, dengan panjang 10 meter, dan lebar 5 meter.

Underpass di Stasiun Tebet juga dilengkapi dua tangga sepanjang 11,8 meter dan lebar 4 meter di peron jalur satu menuju Casablanca. Sementara untuk peron dua yang mengarah ke Kampung Melayu, terbagi menjadi dua tangga di kiri dan kanan. Ukurannya lebih kecil dibandingkan tangga dari dan menuju peron satu, yakni sepanjang 23 meter dan lebar 2 meter.

(Foto: Silviana Dharma/Okezone)

KCJ meyakini underpass ini dapat menjadi solusi yang mengedepankan keamanan dan keselamatan berpindah antarperon di tengah jumlah penumpang yang meningkat. Sebagai catatan, pengguna KRL di Stasiun Tebet mencapai 27.900 penumpang per harinya. Angka tersebut meningkat 20% dibandingkan 2016 dengan rata-rata 22.000 penumpang per hari.

"Tapi sekarang sudah lebih banyak ya, menyentuh angka 32 ribu pengguna tiap hari di Stasiun Tebet, jadi kenaikannya 25% sekarang," timpal Fadhil. (erh)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini