Diduga Ada Pelanggaran, Komnas HAM Akan Usut Kasus Karyawan Transjakarta

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 31 Juli 2017 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 31 338 1747265 diduga-ada-pelanggaran-komnas-ham-akan-usut-kasus-karyawan-transjakarta-iiT4n6yqoo.jpg Komisioner Komnas HAM (Foto:Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komnas HAM Muhammad Nur Khoiron mengatakan bakal mengusut dugaan pelanggaran HAM yang diadukan sejumlah pegawai PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Aduan para pegawai, kata dia, bakal diklarifikasi kepada pihak manajemen. Khoiron menuturkan, kalau berdasarkan pengaduan, ada beberapa tindakan manajemen yang diduga melanggar HAM. Misalnya, jaminan hak atas pekerjaan yang tidak jelas.

"Mereka mudah sekali di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) setiap tahun," kata Nur Khoirun di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2017).

Pengaduan lainnya yakni hak untuk menjalankan ibadah yang berbenturan dengan jam kerja dan disiplin perusahaan. Hal itu, kata dia, perlu diklarifikasi pada manajemen.

"Apa benar ada hak-hak mendasar mereka yang dihalangi," ungkap Khoiron.

Sekadar informasi, hari ini Komnas HAM menerima aduan dari para pegawai PT Transjakarta. Tuntutan para pekerja di antaranya ialah meminta manajemen segera mengangkat mereka jadi karyawan tetap lantaran sudah bekerja sejak 2004.

Para pegawai Transjakarta juga melaporkan sejumlah kebijakan manajemen yang dinilai sewenang-wenang dan melanggar HAM. Misal soal hak menjalankan ibadah, dan lain sebagainya.

Menurut Komnas HAM, aduan ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya pihaknya juga mengaku telah menerima aduan serupa dan telah melakukan mediasi dengan pihak manajemen, tetapi belum kunjung ada titik temu.

"Apa yang disampaikan hari ini, akan menjadi data tambahan kita untuk disampaikan pada pihak terkait," pungkas Khoiron.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini