Razia Pajak Kendaraan di Jaktim, Polisi: Pengendara yang Belum Bayar Kita Tilang

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 11 Agustus 2017 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 11 338 1754185 razia-pajak-kendaraan-di-jaktim-polisi-kendaraan-yang-belum-bayar-kita-tilang-cqxJTKaZwk.jpg Suasana razia pajak kendaraan bermotor di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jakarta Timur bersama Dispenda menggelar razia pajak terhadap pengendara bermotor yang belum membayar pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Penindakan tersebut dilakukan di Jalan Raya DI Panjaitan, Kebon Nanas, Jatinegara, Jumat (11/8/2017).

Polisi memeriksa kelengkapan dan keabsahan surat pada masing-masing sepeda motor atau mobil yang melintas di sana Motor dan mobil yang belum membayar pajak ditindak dengan pasal yang berlaku.

"Kalau kita hanya memberikan surat tilang saja, kita tidak mengurus soal pajaknya. Karena kendaraan yang belum bayar pajak, dianggap tidak sah mengenai surat-suratnya," ujar Kasatlantas Polres Jakarta Timur AKBP Sutimin di lokasi.

Acuan yang digunakan polisi untuk melakukan tilang, yaitu Undang-Undang Lalu Lintas, salah satunya pasal 70 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Selaln itu seperti yang diatur dalan Lampiran Surat Keputusan No Pol : SKEP/443/IV/1998 tentang Buku Petunjuk Teknis tentang Penggunaan Blanko Tilang bagian Pendahuluan No 4 huruf a ayat (2) mengenai pelanggaran lalu lintas, jelas tugas kepolisian.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa sesuai Pasal 211 KUHAP, mengemudikan kendaraan bermotor yang tidak dapat memperlihatkan STNK, SIM yang sah menurut UU Lalu Lintas atau dapat memperlihatkan namun masa berlakunya sudah kadaluwarsa, dapat digolongkan dengan pelanggaran lalu lintas jalan tertentu.

[Baca Juga: Catat! Pemilik Tak Bayar Pajak Lebih dari 3 Tahun, Kendaraan Siap-Siap Masuk "Kandang"]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini