nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sepakat Tarif Parkir Naik, Pengamat: Pemprov DKI Harus Kembangkan Transportasi Massal

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 12 338 1754597 sepakat-tarif-parkir-naik-pengamat-pemprov-dki-harus-kembangkan-transportasi-massal-BzaxaAo6m6.jpg

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menaikkan tarif parkir kendaraan bermotor sekira 10 persen. Hal itu dilandasi lantaran semakin padatnya Ibu Kota dengan kendaraan pribadi.

Pengamat Transportasi dari Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA), Azas Tigor Nainggolan menyambut baik wacana tersebut. Tetapi, kata dia, Pemprov DKI juga harus segera mengembangkan transportasi massal untuk warga.

"Setuju saja memang tarif parkir di Jakarta masih termurah di dunia. Naik, asalkan uang dari parkir di "Ermark" untuk pengembangan pelayanan angkutan umum massal di Jakarta agar jadi lebih nyaman dan akses," kata Tigor kepada Okezone, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Bahkan, kata Tigor tarif parkir naik 10% masih sangat murah dan termurah di dunia. Pasalnya, lanjut dia tingkat kebocoran penghasilan parkir masih tinggi.

"Seharusnya dari parkir PAD Jakarta bisa mendapatkan setidaknya Rp 1 Triliun per tahun. Coba sekarang tolong Pemprov Jakarta buka berapa penghasilan dari pengelolaan parkir Jakarta per tahunnya," papar dia.

Kemudian, sambung Tigor sistem layanan angkutan umumnya di Jakarta pun masih buruk, kurang nyaman dan tidak akses karena tidak terintegrasi secara baik. Kondisi ini membuat warga masih lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi yang notabene bikin Jakarta macet.

Kebijakan ini, sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menjelaskan penerpaan kebijakan itu harus dilakukan dengan merevisi peraturan daerah lebih dahulu. Lalu, harus diajukan ke DPRD DKI.

"Itu harus perda-nya dulu, makanya saya bilang segera kaji, bahas dengan DPRD," kata Saefullah di Balai Kota Jakarta, Senin 7 Agustus 2017.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini