Wah! CFD Mampang-Pejaten Baru Dibuka, BPOM Temukan Makanan Mengandung Zat Berbahaya

Muhammad Iqbal, Okezone · Minggu 27 Agustus 2017 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 27 338 1763966 wah-cfd-mampang-pejaten-baru-dibuka-bpom-temukan-makanan-mengandung-zat-berbahaya-GcyqTYvFKZ.jpg Ilustrasi (dok. Okezone)

JAKARTA - Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin mengatakan Car Free Day (CFD) Mampang-Pejaten, Jakarta Selatan akan terus diberlakukan satu bulan sekali di minggu ketiga.

"Ini akan kita rutinkan setiap bulan di minggu ketiga, itu sudah dijadwal sama provinsi per wilayah kota, dan selatan dapat jatahnya di minggu ketiga," ujar Arifin, di Jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, Minggu (27/8/2017).

Namun, baru pertama kali digelar, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI menemukan pedagang nakal yang mencapur makanan jualannya dengan zat berbahaya yang dijual di area CFD.

"Ada kue apem warna pink, kemudian tahu goreng. Kita langsung minta pedagangnya untuk tidak menjual. Dan kita ke sana kita memeriksa yang kue apem tinggal 1 kita minta membuang," ujar Kepala Balai Besar BPOM DKI Jakarta, Dewi Prawitasari.

Para pedagang yang menjual makanan berbahaya tersebut pun langsung didata jajarannya untuk selanjutnya diberi pembinaan.

"Kita minta mereka tidak menjual tahu itu yang pakai formalin, tadi kita sudah catat nama pedagangnya, tempat tinggalnya di mana dan nanti akan dilaporkan ke Wakil Wali Kota supaya suku dinas terkait membina pedagang ini," jelas Dewi.

BPOM DKI mulai mengambil sampel pedagang sejak hingga pukul 08.00 WIB. "Kalau yang di tenda kita memilih makanan yang berisiko tinggi, walaupun sudah ada labelnya tetap kita sampling," kata Dewi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini