Keren! Pilkades Serentak Tangerang Tak Perlu Bawa Foto Copy KTP, Cukup Tunjukkan Barcode

Chyntia Sami B, Okezone · Minggu 27 Agustus 2017 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 27 338 1764023 keren-pilkades-serentak-tangerang-tak-perlu-bawa-foto-copy-ktp-cukup-tunjukkan-barcode-GdquI3qGva.jpg Foto: Chyntia/Okezone

TANGERANG - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tangerang menggunakan sistem kode khusus atau barcode pada sejumlah desa pelaksanaan.

Salah satunya, dilakukan Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang. Sebanyak 5.064 kertas barcode digunakan dalam pemilihan yang melibatkan dua calon kepala desa tersebut.

Dalam pemilihan tersebut, para partisipan hanya perlu melakukan scan pada kertas suara untuk mendapatkan identitas pemilih. "Kalau pakai barcode tidak perlu bawa fotocopy KTP, tapi cuma bawa surat panggilan saja dan nanti di-scan baru bisa memilih," ucap Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat melakukan pemantauan pada pelaksanaan Pilkades di Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Minggu (27/8/2017).

Sejauh pemantauanya, pelaksanaan Pilkades pada sejumlah desa yang menggunakan barcode berjalan dengan lancar. "Ada beberapa, salah satunya Desa Sampora dan semua berjalan dengan lancar. Baik sistemnya dan pelaksanaannya. Semoga sampai perhitungan dan pelantikan bisa berjalan demokratis, aman dan damai," ujarnya.

Sementara itu, untuk Desa yang menggunakan barcode yakni, Desa Pasir Barat Kecamatan Jambe, Desa Sampora Kecamatan Cisauk, Desa Ranca Iyuh Kecamatan Panongan dan Desa Cikasungka Kecamatan Solear.

Pada penggunaan tersebut, tingkat pemilih yang sudah melakukan pemilihan rata-rata telah mencapai 70%. 

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini