nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Djarot: Banyak Rumah Sakit yang Masih Berorientasi Keuntungan Ketimbang Pelayanan

Muhammad Iqbal, Jurnalis · Senin 11 September 2017 12:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 11 338 1773424 djarot-banyak-rumah-sakit-yang-masih-berorientasi-keuntungan-ketimbang-pelayanan-z7qZylfOBU.jpg Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (Foto: Iqbal/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta pihak rumah sakit mengedepankan misi sosial dan fungsinya. Pasalnya, hingga kini masih banyak rumah sakit yang mengutamakan keuntungan ketimbang pelayanan.

Kasus yang menimpa bayi malang Debora membuat Gubernur DKI Jakarta geram. Apalagi meninggalnya bayi tersebut karena persoalan administrasi atau biaya.

"Ya, kadang-kadang faktor keuntungan lebih didahulukan. Misalnya luka sedikit saja misalnya tulang yang tidak perlu dioperasi harus dioperasi, apalagi ditarik dikit saja bisa, misalnya,” kata Djarot di Jakarta, Senin (11/9/2017).

Djarot menambahkan, seharusnya pihak rumah sakit mengedepankan pelayanan kepada masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan. Terlebih lagi pasien yang diterima berstatus keadaan gawat darurat.

"Janganlah bahwa bagaimanapun juga meskipun rumah sakit swasta harus punya misi sosial. Ini bukan hanya untuk rumah sakit yang bersangkutan yang sekarang terkait itu tapi untuk semua rumah sakit," ucap dia.

Dengan demikian, dia meminta seluruh rumah sakit bekerja sama dengan BPJS. Tidak seperti yang kini ia lihat, banyak rumah sakit swasta yang ogah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Sekarang ini kan akan kita paksakan, dorong rumah sakit swasta itu ikut gabung kepada BPJS kesehatan," tutur dia.

Dia mengaku hingga saat ini hanya rumah sakit milik pemerintah saja yang baru diwajibkan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. "Yang wajib itu rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit swasta ini harus kita dorong juga. Karena kita harap 2019 semua warga negara itu dijamin penangann kesehatannya," ucapnya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini