nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tetap Menyelidiki Kasus Bayi Debora meski Keluarga Tak Buat Laporan, Ini Alasannya

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 12 September 2017 07:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 12 338 1773995 polisi-tetap-menyelidiki-kasus-bayi-debora-meski-keluarga-tak-buat-laporan-ini-alasannya-0xoQKVziMd.jpg Tiara Debora. Foto FB Brigaldo Sinaga

JAKARTA – Kepolisan Polda Metro Jaya akan terus menyelidiki kasis kematian bayi Debora meski orangtua tidak membuat laporan kasus tersebut.

"Polisi itu kan berhak mempunyai kewenangan untuk menindaklanjuti hasil analisa kemudian mereka tuangkan dalam membuat laporan model A. Itu yang membuat laporan pihak kepolisian atas dasar informasi yang beredar di masyarakat. Kami akan mendalami dari sisi hukum yang ada," kata Dir Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Adi Deriyan kepada wartawan, Senin 11 September 2017.

Baca Juga: Dari 189 Rumah Sakit Swasta di Jakarta, Baru 91 yang Jadi Mitra BPJS

Ia menjelaskan, jika dilihat dalam undang-undang kesehatan, rumah sakit berkewajiban memprioritaskan untuk memberikan pertolongan terhadap pasien yang sedang kritis.

"Sebetulnya ada aturan mengenai yang tertuang di dalam UU kesehatan. Dijelaskan bahwa pihak tenaga medis memberikan pertolongan atau tindakan kepada pasien yang kondisinya pada saat itu sedang kritis," tegasnya.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Bentuk Tim Independen Selidiki Kasus Kematian Bayi Debora

"Kami melihatnya berdasarkan dari hasil laporan dari kepolisian tersebut bahwa ada informasi yang beredar dari masyarakat, kemudian rumah sakit tidak memberikan layanan kepada pihak korban," lanjutnya.

Adi menambahkan pihaknya akan memanggil pihak Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres untuk dimintai keterangan. "Oh iya pasti (dipanggil)," ungkapnya singkat tanpa menyebut waktu pasti pemanggilan tersebut.

Saat disinggung apakah pihak kepolisian akan mengautopsi bayi Debora demi kepentingan penyidikan, Adi menuturkan pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan keluarga.

Bayi bernama Tiara Debora dikabarkan meninggal dunia akibat tidak ditangani secara intensif oleh Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat.

Pihak rumah sakit berkilah pihaknya tak bisa menangani almarhum Debora karena pihaknya tak bermitra dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini