nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Bayi Debora, KPAI Kecewa RS Hanya Diberi Sanksi Ringan

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 11:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 15 338 1776462 kasus-bayi-debora-kpai-kecewa-rs-hanya-diberi-sanksi-ringan-5RsdbiyTk9.jpg

JAKARTA - ‎Hasil investigasi yang diterbitkan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila F Moeloek yang memerintahkan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memberikan sanksi tertulis terhadap dugaan kelalaian Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres yang menyebabkan kematian bayi Debora, mendapatkan kritik dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty ‎mengaku prihatin dengan investigasi pasien bayi Debora. Menurutnya, adanya fakta pada poin G salinan hasil investigasi Menkes yang menyebutkan bahwa rumah sakit mengetahui pasien tidak transferable tetapi tetap meminta uang muka.

"Padahal dalam poin C disebutkan RS sudah melakukan klaim secara rutin pasien gawat darurat ke BPJS (27 kali) dan sudah 24 kali terbayarkan dan tiga klaim dalam proses, adalah fakta yang tak terbantahkan," ujarnya melalui rilis yang diterima wartawan, Jumat (15/9/2017).

Lainnya, dalam point D, lanjut Siti, hasil investigasi itu menyebutkan jika rumah sakit tidak sejalan dengan peraturan perundang-undangan.

"Sayangnya kelalaian (rumah sakit) ini hanya dihargai dengan saksi administrasi, seolah nilai sesosok anak Indonesia tak lebih hanya setara dengan lembaran-lembaran kertas administrasi," katanya.

Dengan merujuk Pasal 395 KUHP, KPAI mendorong penerapan ketentuan pidana bagi rumah sakit. "Dalam Pasal 359 tersebut R Soesilo (1996) menafsirkan bahwa kematian dalam Pasal 359 KUHP tersebut akibat kurang hati-hati atau lalainya terdakwa," terangnya.

Karenanya apa yang diterbitkan Menkes atas dugaan kelalaian RS Mitra Keluarga Kalideres sangat melukai anak Indonesia.‎ "Anak Indonesia sangat berduka dan terlukai jika masih ada keberpihakan hukum yang masih tumpul ke bawah," kata Sitti.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini