nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diterima BNNK Jaksel, Ini Proses Rehabilitasi yang Akan Dijalani Indra Piliang

Bayu Septianto, Jurnalis · Sabtu 16 September 2017 10:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 16 338 1777165 diterima-bnnk-jaksel-ini-proses-rehabilitasi-yang-akan-dijalani-indra-piliang-AktqlIK9ZD.jpg Foto: dok. Okezone

JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jakarta Selatan sudah menerima politikus Partai Golkar Indra Jayadi Piliang dan dua rekannya Romi Fernando dan M Ismail Jamani untuk dilakukan rehabilitasi.

Kepala BNN Kota Jakarta Selatan AKBP Denny Rihar Santika menjelaskan, posisi Indra dan ketiga rekannya akan menjalani proses observasi awal yang dilakukan tim medis BNN dan dibantu tim hukum.

"Pertama ya kita terima, nanti tim dokter medis serta beberapa tim hukum juga sudah lakukan observasi awal," ujar Denny saat dihubungi Okezone, Sabtu (16/9/2017).

Observasi awal dilakukan guna mengetahui metode rehabilitasi apakah yang akan dijalani Indra dan rekan-rekannya. Termasuk berapa lama akan menjalani masa rehabilitasi, namun untuk masalah ini BNN tak bisa menyampaikan lebih detil ke publik.

"Nanti dirapatkan, digelar lalu akan disampaikan metode lalu lamanya waktu rehabilitasi. Nah tapi ini nggak bisa diekspos ya," jelas Denny.

Nantinya tim medis juga akan menyampaikan tingkatan penggunaan Indra Piliang, apakah masih tahap rekreasional atau sekali-kali dalam menggunakan narkotika, atau pengguna berat. Bersama tim hukum juga akan dicek apakah Indra dan kedua rekannya masuk kategori jaringan narkotika atau tidak.

"Baru nanti sama tim hukum kita diskusikan pernah nggaj terlibat jaringan dan sebagainya," paparnya.

Denny mengungkapkan status Indra dan kedua rekannya hingga saat ini masih sebatas orang yang menyerahkan diri ke BNN untuk direhabilitasi. Proses hukum, lanjut Denny tetap menjadi kewenangan dari pihak kepolisian.

"Nah kalau ini kita anggap masih posisikan orang voluntary, atau yang datang untuk melaporkan dirinya direhab. Proses penyidikam tetap di kepolisian. Itu pertimbangan teknis teman-teman di sana," pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Humas (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, pihaknya telah menetapkan politisi Golkar Indra J Piliang dan kedua rekannya Romi Fernando dan M Ismail Jamani sebagai tersangka penyalahgunaan narkoba.

Ketiganya akan menjalani rehabilitasi karena saat dilakukan penangkapan polisi tidak menemukan barang bukti sabu. Mengacu pada Pasal 54 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, apabila tidak ditemukan barang bukti pengguna narkoba wajib dilakukan rehabilitasi.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini