nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Orang Ditetapkan Tersangka Dalam Demo Ricuh di LBH Jakarta, Polda: Ada Karyawan, Sopir, Penganguran

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 19 September 2017 13:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 19 338 1778814 7-orang-ditetapkan-tersangka-dalam-demo-ricuh-di-lbh-jakarta-polda-ada-karyawan-sopir-penganguran-BYR5EihFUl.jpg Massa berdemo di depan gedung LBH Jakarta terkait dugaan acara seminar PKI. Foto Okezone/Fadel Prayoga

JAKARTA – Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya menetapkan tujuh orang sebagai tersangka dari 15 orang yang ditangkap petugas Polda Metro Jaya diduga provokator aksi massa berujung ricuh di depan Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, menyampaikan, setelah dilakukan pemeriksaan, ketujuh tersangka tersebut terbukti bersalah karena melawan petugas sebagaimana diatur Pasal 216 dan Pasal 218 KUHP.

"Setelah dilakukan pemeriksaan 7 orang ditetapkan sebagai tersangka, dikenakan pasal 216 dan 218 KUHP, ancamannya 4 bulan penjara," ungkap Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Baca Juga: Dituding Gerakkan Massa Aksi, Kivlan Zein Bakal Polisikan YLBHI

Argo menuturkan, tujuh tersangka tersebut bukan anggota ormas, mereka hanya masyarakat biasa yang ikut-ikutan menggelar aksi. Polisi sendiri masih sedang menyelidiki otak dan orang yang mengkoordinir massa mengepung LBH Jakarta tersebut.

"Mereka ada yang karyawan, ada sopir, ada yang penganguran ya. Dia tidak punya anggota organisasi tidak ada," ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu.

Baca Juga: LBH Diskusi Sejarah Tragedi 65, JK: Silakan Saja kalau Bicara Studi Kasus dan Keilmuan

Setidaknya ada sekira 37 orang diamankan polisi diduga provokator penyerangan LBH Jakarta. Sebanyak 22 orang dilepas setelah diperiksa di Polres Jakarta Pusat, sedangkan 15 orang lainnya diperiksa di Polda Metro Jaya dan tujuh diantaranya ditetapkan tersangka sementara 8 orang dipulangkan.

Saksikan Live Streaming Redbons Discussion: "Pil PCC, Narkoba dan Perlindungan Anak" Pukul 14.00 WIB, Selasa, 19 September 2017. Klik Link Ini

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini