Buntut Kerusuhan, Polisi Bakal Periksa Pihak YLBHI Jakarta

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 20 September 2017 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 20 338 1779467 buntut-kerusuhan-polisi-bakal-periksa-pihak-ylbhi-jakarta-d45JVs5dk3.jpg Penyerangan LBH jakarta (foto: Arie/Okezone)

JAKARTA - Aparat kepolisian bakal melakukan pemeriksaan kepada pihak penyelenggara acara 'Asik Asik Aksi' yang diadakan di Kantor LBH Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 17 September 2017.

Direskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Nico Afinta mengatakan, kegiatan itu diketahui tidak mendapatkan izin keramaian dari kepolisian. Oleh sebab itu, pihaknya tidak hanya menyelidiki aksi penyerangan Kantor LBH Jakarta, tapi juga mengusur ihwal tidak adanya izin acara tersebut.

"Kami menindaklanjuti laporan terhadap acara tersebut, kami memproses laporan penyelenggara acara di malam itu, Yayasan 65. Sehingga, ada 2 laporan, baik dari pengunjuk rasa maupun penyelenggara acara di LBH," ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (20/9/2017).

 (Baca: Diduga Terlibat Aksi Antikomunis, YLBHI Tak Akan Polisikan Kivlan Zein karena...)

Ia menegaskan, pihaknya akan melakukan secara profesional soal kedua laporan tersebut. Tak hanya itu, lanjut dia, kepolisian dipastikan tak akan menerapkan proses hukum secara adik dalam menindaklanjuti laporan keduanya.

"Hukum berlaku sama, keduanya melewati jam batas waktu. Saat itu, keinginan kepolisian mencegah terjadinya keributan, kita harus mematuhi hukum, bagaimanapun juga kepentingan masyarakat yang lebih luas harus kita jaga," pungkasnya.

 (Baca juga: Usai Insiden Pengepungan, YLBHI-LBH Jakarta Belum Bisa Layani Pencari Keadilan di Kantornya)

Seperti diketahui, ratusan massa yang datang di kantor LBH sejak pukul 21.30 WIB. Mereka membawa atribut bertuliskan LBS. Massa menuding acara diskusi yang digelar di Gedung LBH Jakarta berkaitan dengan bangkitnya PKI.

Meski acara diskusi telah selesai, para peserta tidak bisa keluar karena diadang massa yang menamakan diri kelompok Anti-Komunis itu.

Bahkan massa sempat mendorong dan menarik-narik pagar gedung LBH. Beruntung, petugas bersiaga di lokasi. Sampai saat ini, petugas masih mengamankan situasi sembari mengimbau massa untuk membubarkan diri. Peserta forum yang berusia lanjut sempat ketakuta dan mengalami trauma atas pengepungan yang dilakukan ratusan massa tersebut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini