Berseragam Putih, Pelajar di Tangsel Konvoi Rayakan Tahun Baru Islam

Hambali, Okezone · Kamis 21 September 2017 01:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 21 338 1780104 berseragam-putih-pelajar-di-tangsel-konvoi-rayakan-tahun-baru-islam-P2PbWD5qif.jpg (Foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN – Perayaan malam tahun baru 1 Muharam 1439 Hijriah berlangsung di sejumlah tempat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), salah satunya di daerah Ciputat. Sebanyak 576 siswa-siswi sekolah menggelar konvoi mengenakan seragam berwarna putih.

Mereka merupakan pelajar dari SMP, SMK, dan SMA Darussalam, sekolah yang terletak di Jalan Otista Nomor 36, Ciputat, Tangsel. Sejak Rabu (20/9/2017) sore, siswa-siswi itu telah berkumpul di sekolah guna mempersiapkan perayaan malam tahun baru Islam yang jatuh bertepatan pada hari Kamis 21 September 2017.

(Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam, Kaum Muslim di Sulut Gelar Pawai Obor)

Dari pantauan di lokasi, ratusan pelajar mulai bergerak beriringan dari sekolah Yayasan Pendidikan Islam Darussalam selepas shalat isya sekira pukul 19.30 WIB. Untuk menjaga ketertiban, pihak panitia pun membatasi barisan peserta konvoi menggunakan tali di bagian sisinya.

"Total pesertanya mencapai 576 siswa, mereka dari tingkat SMP, SMK dan SMA Darussalam. Kita lakukan konvoi berjalan kaki ini sebagai bagian dari syiar kepada masyarakat, bahwa besok adalah tahun baru islam," jelas Muhammad Nawawi (20), Ketua Panitia dari Yayasan Darussalam kepada Okezone.

(Baca Juga: Malam 1 Suro, Ribuan Orang Ikuti Kirab Pusaka di Pura Mangkunegaran)

Adapun rute konvoi yang dilalui adalah sepanjang jalan Otista, kemudian melewati Jalan RE Martadinata, dan berakhir di masjid Jami Al-Ihsan, Bambu Apus, Ciputat. Total jarak yang ditempuh adalah sekira 1-2 kilometer. Untuk mengantisipasi adanya peserta yang kelelahan, para panitia menyiapkan makanan dan minuman di beberapa titik yang dilalui.

"Sudah persiapan dari 2 hari yang lalu, tadi kita mulai dengan doa dan zikir di sekolah selepas shalat Ashar. Kemudian kita lanjutkan dengan konvoi habis salat Isya, semuanya berseragam putih. Sedangkan jarak yang ditempuh antara 1 sampai 2 kilometer, ada bapak-bapak kepolisian juga yang ikut membantu kelancaran konvoi tadi," sambung Nawawi.

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini